oleh

Gubernur Jabar Bersama Bupati Garut Hadiri “Ground Breaking” Situ Bagendit

GOSIPGARUT.ID — Gubernur Jawa Barat Ridwal Kamil didampingi oleh Bupati Garut Rudy Gunawan dan Wakil Bupati Helmi Budiman menghadiri acara peletakan batu pertama (ground breaking) penataan kawasan pariwisata Situ Bagendit di Kecamatan Banyuresmi, Kabupaten Garut, Rabu (11/11/2020).

Dalam kegiatan ini, Ridwal Kamil yang sering disapa Emil, meminta untuk memberdayakan masyarakat sekitar Situ Bagendit, tidak hanya yang berada di dekat situ.

“Pemberdayaan di sini banyak pesantren, nah jangan sampai hanya radius yang berada ‘di pipir caina’ (di sisi airnya) gitu, tapi juga radius sekian kilometer di seluruh wilayah ini. Misalkan mereka punya produk apa, sediakan di sini dan sebagainya,” ucapnya.

Emil menambahkan, Kabupaten Garut merupakan daerah yang sangat indah. “Garut memang sangat indah, kan disebutnya juga Swiss Van Java,” puji Gubernur.

Baca Juga:   Curug Jaga Pati, Air Terjun Eksotis Berundak yang Sembunyi di Garut

Sementara itu, Bupati Rudy Gunawan mengatakan revitalisasi Situ Bagendit ini memakan biaya Rp82 miliar yang berasal dari bantuan Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo.

“Ada program bantuan oleh Bapak Presiden melalui kementerian sebesar Rp100 miliar, dan hari ini akan kita laksanakan dengan nilai Rp82 miliar,” kata dia.

Revitalisasi Situ Bagendit ini, imbuh Rudy, akan dilakukan secara professional dan tidak sampai terbengkalai.

Baca Juga:   Presiden Jokowi Dicukur Massal Bersama Pejabatnya di Situ Bagendit

“Kami berjanji untuk melakukan tindak lanjut dengan pengelolaan professional karena sebagaimana pesan Bapak Presiden setelah ini jadi dilakukan langkah-langkah konkret untuk bisa mengoperasikan ini jangan sampai terbengkalai,” ujarnya.

Menteri PUPR (Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat), Basuki Hadimuljono, melalui aplikasi video telekonferensi mengatakan, Situ Bagendit merupakan salah satu destinasi pariwisata unggulan di Jawa Barat.

Baca Juga:   Situ Bagendit Jadi Tujuan Wisata Garut Lautan Sepeda

“Sebagai salah satu destinasi pariwisata unggulan di Jawa Barat kawasan Situ Bagendit diharapkan akan dapat menjadi contoh pengelolaan kawasan yang menyatukan ekonomi dan wisata. Masyarakat lokal, seni budaya lokal, industri kreatif, wisata religi dan digital smart management,” ujarnya.

Revitalisasi Situ Bagendit ini memakan waktu selama 14 bulan dan akan dibuka pada bulan Desember 2021 dan akan menjadi objek wisata kelas dunia yang berasal dari Kabupaten Garut. (Yan AS)

Komentar

Berita Terkait