Berita

Bupati Garut Tekankan Pentingnya Peran Zakat dalam Mengatasi Masalah Kemiskinan

×

Bupati Garut Tekankan Pentingnya Peran Zakat dalam Mengatasi Masalah Kemiskinan

Sebarkan artikel ini
Bupati Rudy Gunawan saat meresmikan gedung Kantor Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) dan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Garut, Kamis (28/12/2023). (Foto: Deni Seftiana)

GOSIPGARUT.ID — Bupati Rudy Gunawan menekankan pentingnya keseimbangan kehidupan dunia dan akhirat, serta peran zakat dalam mengatasi masalah kemiskinan. Ia mengungkapkan, permasalahan kemiskinan ini dapat diatasi melalui gerakan seorang muslim melalui ibadah zakat yang juga tercantum dalam Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2011 tentang Pengelolaan Zakat.

“Amil zakat mempunyai kewajiban menyadarkan masyarakat, pertama menyadarkan dulu bahwa kita punya kewajiban untuk membayar zakat,” ujarnya, saat meresmikan gedung Kantor Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) dan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Garut, di Jalan Pramuka, Kabupaten Garut, Kamis (28/12/2023).

Rudy mengapresiasi peranan BAznas dan MUI dalam penyelesaian berbagai permasalahan sosial dan keagamaan di Kabupaten Garut selama satu dekade kepemimpinannya.

Baca Juga:   Bupati Rudy: Kopi dari Kawasan Hutan Garut akan Dipamerkan di Dubai

Ketua Baznas Kabupaten Garut, Abdullah Effendi, mengucapkan terima kasih atas dukungan Bupati dan Wakil Bupati Garut dalam menguatkan pengelolaan zakat, termasuk regulasi yang mewajibkan ASN di Kabupaten Garut menyetorkan zakat penghasilan mereka.

“Yang pertama ada Perdanya, terakhir kemarin ada Perbupnya, cuma khusus untuk kewajiban para ASN Kabupaten Garut untuk menyetorkan zakat penghasilannya kepada Dinas Kabupaten Garut,” ucapnya.

Baca Juga:   Pernyataan Bupati Garut Soal Aktivis dan LSM Mitra Pemerintah Dinilai Hanya "Lips Service" Semata

Sementara Kepala Dinas PUPR Kabupaten Garut, Luna Avriantini, mengatakan dalam rangka menunjang kinerja Baznas, Pemkab Garut melalui Dinas PUPR Garut pada tahun anggaran 2023 menganggarkan dana untuk pembangunan gedung Kantor Baznas dengan nilai sesuai kontrak Rp2.037.792.000 dengan luas bangunan 628 m² yang terdiri dari 2 lantai.

Konten berbayar berikut adalah iklan platform Mixadvert dan MGID. Gosipgarut.id tidak terkait dengan materi konten ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *