Kesehatan

Ada Satu Suspek Cacar Monyet di Garut, Kini Pasien Dirawat di Rumah Sakit dr Slamet

×

Ada Satu Suspek Cacar Monyet di Garut, Kini Pasien Dirawat di Rumah Sakit dr Slamet

Sebarkan artikel ini
ILUSTRASI -- Cacar monyet.

GOSIPGARUT.ID — Satu warga Kabupaten Garut dilaporkan suspek cacar monyet atau monkeypox. Dinas Kesehatan Kabupaten Garut masih telah mengambil sampel dari pasien untuk diperiksa lebih lanjut.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Garut Leli Yuliani mengatakan, pasien suspek cacar monyet itu adalah seorang laki-laki berusia 31 tahun. Pasien tersebut mengalami gejala yang mengarah ke cacar monyet.

“Gejalanya ke arah sana. Diawali dengan demam tiga sampai empat hari, lalu muncul seperti cacar, vesikel-vesikel, dan ada pembengkakan kelenjar getah bening,” kata dia, Senin (6/11/2023).

Baca Juga:   Jelang Pelantikan, SK untuk 21 Calon PPPK Nakes di Garut Belum Diterima Pemkab

Leli mengatakan, saat ini pasien telah dirawat di RSUD dr Slamet. Pasien ditempatkan di ruang isolasi untuk mengantisipasi penularan.

Ia menambahkan, pihaknya juga telah melakukan penyelidikan epidemiologi terkait kasus itu. Sejumlah kontak erat pasien juga telah diperiksa.

Berdasarkan hasil penyelidikan sementara, Leli menyebut, pasien itu memang memiliki risiko tertular cacar monyet. Namun, pihaknya masih menunggu hasil pemeriksaan laboratorium.

Baca Juga:   Dinkes Garut Ingatkan Warga untuk Waspada Jentik Nyamuk

“Ini kan masih suspek. Belum ada hasilnya. Kami sudah kirim sampel ke laboratorium Kementerian Kesehatan,” kata Leli. (ROL)

Konten berbayar berikut adalah iklan platform Mixadvert dan MGID. Gosipgarut.id tidak terkait dengan materi konten ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *