Nasional

BMKG Imbau untuk Waspadai Gelombang Sangat Tinggi di Laut Selatan Jabar hingga Yogyakarta

×

BMKG Imbau untuk Waspadai Gelombang Sangat Tinggi di Laut Selatan Jabar hingga Yogyakarta

Sebarkan artikel ini
ILUSTRASI -- Gelombang tinggi.

GOSIPGARUT.ID — Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengimbau seluruh pengguna jasa kelautan untuk mewaspadai potensi terjadinya gelombang tinggi hingga sangat tinggi di laut selatan Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Daerah Istimewa Yogyakarta pada 16-17 Agustus 2023.

“Berdasarkan permodelan, tinggi gelombang 2,5-4 meter yang masuk kategori tinggi berpotensi terjadi di perairan selatan Sukabumi-Cianjur, Garut-Pangandaran, Cilacap, Kebumen-Purworejo, dan Yogyakarta pada pagi ini hingga malam nanti, pukul 19.00 WIB,” kata Kepala Kelompok Teknisi BMKG Stasiun Tunggul Wulung Cilacap Teguh Wardoyo, Rabu (16/8/2023).

Sementara di wilayah Samudra Hindia selatan Jabar hingga DIY, kata dia, tinggi gelombang 4-6 meter yang masuk kategori sangat tinggi berpotensi terjadi pada Rabu (16/8) pagi hingga malam hari.

Baca Juga:   Bikin Video Ajak Lempar Kotoran ke Polisi, Pemuda Ditangkap

Akan tetapi pada Rabu (16/8) malam hingga Kamis (17/8), lanjut Tunggul, gelombang sangat tinggi berpotensi terjadi di hampir seluruh wilayah perairan selatan Jabar-DIY maupun Samudra Hindia selatan Jateng-DIY, kecuali perairan selatan Cilacap.

“Tinggi gelombang di perairan selatan pada Rabu (16/8) malam hingga Kamis (17/8) diprakirakan berkisar 2,5-4 meter, sedangkan di perairan selatan Sukabumi hingga Pangandaran, perairan selatan Kebumen hingga Yogyakarta, maupun Samudra Hindia selatan Jabar hingga DIY diprakirakan berkisar 4-6 meter,” tegasnya. (Ant)

Baca Juga:   Sepanjang 2023 Jabar Berhasil Pertahankan Pertumbuhan Ekonomi di Atas 5 Persen
Konten berbayar berikut adalah iklan platform Mixadvert dan MGID. Gosipgarut.id tidak terkait dengan materi konten ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *