oleh

“Ngumbara Lembur”, Strategi Kolaborasi Pengembangan Desa Wisata di Garut

GOSIPGARUT.ID — Wisata Garut kembali menggeliat setelah pakum beroperasi karena pandemi Covid-19. Salah satu pemicu menggeliatnya wisata Garut adalah dengan adanya konsep “Ngumbara Lembur”, yakni sebuah strategi kolaborasi pengembangan desa wisata dengan pendekatan pentahelix.

“Ngumbara Lembur” digagas oleh Staff Ahli Bupati Bidang Pemerintahan, Politik, dan Hukum, Wawan Nurdin. Menurutnya, pendekatan pentahelix yang dilakukan dalam strategi ini untuk percepatan peningkatan ekonomi daerah melalui implementasi pengelolaan potensi wisata pada desa rintisan menuju “Desa Wisata Tangguh”.

“Ngumbara Lembur” resmi diluncurkan bersamaan dengan peresmian Desa Wisata Intan Dewata oleh Bupati Rudy Gunawan, Selasa (7/9/2021). Desa wisata tersebut berlokasi di Desa Mekarjaya, Kecamatan Tarogong Kaler, Kabupaten Garut.

Baca Juga:   Desa Cibatu Garut Proyeksikan Jadi Desa Wisata Budaya

Dipaparkan Leader Project “Ngumbara Lembur”, Wawan Nurdin, programnya ini adalah program untuk mengembangkan desa wisata dengan pendekatan pentahelix dalam rangka meningkatkan ekonomi daerah Kabupaten Garut.

Ia mengungkapkan dalam program “Ngumbara Lembur”, desa-desa dibantu oleh unsur pemerintahan, akademisi, pengusaha, media, dan unsur yang lainnya.

“Jadi program ‘Ngumbara Lembur’ ini desa-desa dibantu oleh pentahelix. Ada dari pemerintahan, dari pemerintahan itu kan dari SKPD kalau ada jalan infrastuktur aksebilitas dari pemerintahan. Ada dari akademisi juga ini untuk membantu masyarakat dalam mencerdaskan ataupun menyadarkan tentang pariwisata. Terus ada pengusaha, pengusaha ini yang mungkin akan bisa membantu desa dalam membangun pengembangan desa wisata,” ujar Wawan.

Baca Juga:   Objek Wisata Garut Akan Kembali Dibuka Jika Pengunjung Tidak "Over Load"

Saat ini, jelas dia, terdapat lima desa di Kecamatan Tarogong Kaler yang menjadi pilot project program “Ngumbara Lembur” yakni Desa Mekarjaya, Jati, Pasawahan, Rancabango, dan Sukajadi.

Di hari peresmian Desa Wisata Intan Dewata masing-masing desa itu sudah mendapatkan masterplan untuk pengemban desa wisata di desa masing-masing, yang diberikan secara langsung oleh Bupati Rudy Gunawan.

Baca Juga:   Wakil Bupati Garut Ajak Masyarakat Berwisata ke Ciwangi

Wawan berharap dengan program “Ngumbara Lembur” ini pengelola desa wisata mampu ikut serta dalam mensejahterakan masyarakat, dan juga mampu meningkatkan Pendapatan Asli Desa (PADes) itu sendiri.

“Harapannya, dengan adanya launching ‘Ngumbara Lembur’ ini, nanti desa-desa di Kabupaten Garut atau pengelola desa wisata menyejahterakan masyarakat. Jadi, dengan ada pengembangan desa wisata, ada pekerjaan untuk warga. Begitupun bagi desanya sendiri ada peningkatan PAD desa.” tandasnya. (Yan AS)

Komentar

Berita Terkait