oleh

Setelah Penerapan PPKM Darurat, Kasus Covid-19 di Garut Terus Menurun

GOSIPGARUT.ID — Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Garut menyampaikan kasus baru terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Garut, Jawa Barat, turun menjadi di bawah 100 orang, berbeda dengan sebelum PPKM yang kasusnya di atas 100 bahkan sampai 400 orang.

“Berdasarkan data yang kami terima dari Dinkes pekan ini angka kasus Covid-19 terus mengalami penurunan,” kata Humas Satgas Penanganan Covid-19 Garut Yeni Yunita, Kamis (22/7/2021).

Ia menuturkan laporan terbaru di lapangan, Rabu (21/7/2021) hasil pemeriksaan tes usap terhadap masyarakat yang pernah kontak erat dengan pasien positif Covid-19 sebanyak 57 orang, berbeda dengan hari sebelumnya di atas 100 orang.

Baca Juga:   29 Patriot Desa Diterjunkan Jadi Pelopor dan Inovator di 13 Kecamatan di Garut

Selain angka kasus positif Covid-19 turun, kata Yeni, ada juga kasus yang dilaporkan sembuh setelah menjalani isolasi mandiri maupun di rumah sakit sebanyak 145 orang.

“Kasus konfirmasi positif Covid-19 telah selesai pemantauan bertambah sebanyak 145 orang, pada hari ini pula telah dilaporkan kasus konfirmasi positif Covid-19 meninggal dunia sebanyak 16 orang,” ujarnya.

Menurut Yeni laporan harian kasus Covid-19 di Garut terus menunjukkan penurunan setelah adanya penerapan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) sejak 3 Juli 2021.

Baca Juga:   Rumah Susun di Garut Jadi Tempat Alternatif Isolasi Pasien Positif Covid-19

Adanya kebijakan pemerintah pusat menerapkan PPKM di Garut , kata dia, terbukti telah menurunkan angka kasus penyebaran wabah Covid-19.

“Ini terbukti dengan adanya PPKM bisa menekan penyebaran Covid-19,” tandas Yeni.

Ia mengungkapkan manfaat lain diterapkannya PPKM tidak hanya menurunkan kasus baru, melainkan terjadi penurunan BOR (bed occupancy rate) di rumah sakit penanganan pasien Covid-19.

“Selama PPKM Darurat ini juga terjadi penurunan BOR atau tingkat keterisian rumah sakit rujukan Covid-19,” kata Yeni.

Ia mengimbau meskipun terjadi penurunan kasus, masyarakat tetap harus menjaga dan selalu disiplin menerapkan protokol kesehatan dengan selalu memakai masker, menjaga jarak, dan tidak berkerumun.

Baca Juga:   Desa Margamulya yang Potensial, Sayang Belum Tergali Maksimal

“Kita semua harus tetap waspada, tetap disiplin mentaati prokes yang ketat agar setelah PPKM ini dibuka secara bertahap kasus Covid-19 ini tidak naik lagi,” kata Yeni.

Laporan Satgas Penanganan Covid-19 Garut mencatat secara keseluruhan kasus Covid-19 sudah mencapai 22.515 kasus, terdiri dari 687 kasus isolasi mandiri, 300 kasus isolasi di rumah sakit, 20.462 kasus dinyatakan sembuh, dan 1.066 kasus meninggal dunia. (Ant)

Komentar

Berita Terkait