Berita

Progres Pembangunan Tol Cigatas, Masih Persiapan Pembebasan Lahan

×

Progres Pembangunan Tol Cigatas, Masih Persiapan Pembebasan Lahan

Sebarkan artikel ini
Pembangunan jalan tol. (Foto: Ilustrasi/Istimewa)

GOSIPGARUT.ID — Rencana pembangunan jalan tol Cileunyi-Garut-Tasikmalaya (Cigatas) hingga kini masih terus digarap pemerintah.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Tasikmalaya, Ivan Dicksan mengatakan, sebulan lalu Pejabat Pembuat Kebijakan (PPK) dari Kementerian PUPR datang ke Kota Tasikmalaya, dan akan melaksanakan sosialisasi kepada para pemilik lahan.

Adapun sekarang prosesnya sedang memasuki tahan diidentifikasi, karena nanti yang diundang adalah para pemilik lahan yang betul-betul dilalui jalan tol.

Baca Juga:   Wabup Helmi Budiman: TMMD Merupakan Sinergitas Pemkab Garut dengan TNI

“Kemarin saya minta koordinasi dibantu kabag pemerintahan berkoordinasi dengan para camat dan lurah untuk mengidentifikasi dulu pemilik lahannya untuk kemudian dilakukan sosialisasi,” ujar Ivan, Rabu, 28 April 2021.

Menurut dia, sosialisasi merupakan bagian dari tahapan pembebasan lahan. PPK mengatakan ingin tetap on the track bahwa pembangunan jalan tol bisa selesai tahun 2024 sampai Tasikmalaya.

Baca Juga:   Pasien Ketiga Covid-19 Asal Selaawi Garut Dinyatakan Sembuh

Ivan menuturkan, untuk luas lahan yang terlintasi jalan Tol Cigatas kurang begitu tahu. Namun, untuk pastinya ada 4 kecamatan yaitu Mangkubumi, Kawalu, Tamansari, dan Cibeureum yang bakal dilintasi jalan tol.

“Kita kan sedang merevisi tata ruang, salah satunya mengantisipasi dan mengoptimalkan adanya tol,” tuturnya.

Ivan menambahkan, dengan adanya jalan tol, diharapkan akan adanya kawasan-kawasan yang bisa dijadikan publik prestasi. Misalnya, untuk kawasan industri diupayakan tidak jauh dari exittol di sekitar Jalan Sewaka dan Mangin sehingga bisa cepat ke tol.

Baca Juga:   Presiden Jokowi Hadiahkan Tol Cigatas untuk Warga Garut dan Tasikmalaya

“Saya harap memang ada industri kreatif untuk penyerapan tenaga kerja dan kalau sudah ada tol transportasi tidak akan menjadi kendala,” kata dia. (AB)

Konten berbayar berikut adalah iklan platform Mixadvert dan MGID. Gosipgarut.id tidak terkait dengan materi konten ini.

Respon (2)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *