oleh

Ditargetkan Capai 3 Juta Ekor, Domba Garut Dikembangkan Jadi Domba Pedaging

GOSIPGARUT.ID — Tak hanya sebagai adu ketangkasan, domba garut kini tengah dikembangkan sebagai domba pedaging. Populasi domba pedaging itu ditargetkan mencapai 3 juta dalam dua tahun lagi.

Menteri Koperasi dan UMKM, Teten Masduki, mengatakan, domba garut yang jadi unggulan Kabupaten Garut harus terus dikembangkan. Pihaknya pun membantu mengembangkan model bisnis ternak domba berbasis klaster.

“Nantinya para kelompok ternak bisa mengembangkan domba cross breed atau persilangan antara domba garut dan dorper Australia,” ujar Teten di Ponpes Nurul Hidayah, Desa Cinta, Kecamatan Karangtengah, Sabtu (19/12/2020).

Baca Juga:   Bupati Garut Tunjuk Nurdin Yana Sebagai Plh Sekda Gantikan Almarhum Deni Suherlan

Menurut dia, domba croos breed bisa tumbuh dengan cepat. Pertumbuhannya rata-rata mencapai 200 gram per harinya. Upaya mengembangkan domba cross breed itu dengan menggunakan model bisnis berbasis klaster.

“Ini akan jadi proyek percontohan. Nantinya bisa dikembangkan dengan dana KUR dan pembiayaan koperasi,” kata Teten.

Ia menambahkan, untuk mencapai target 3 juta populasi domba, Garut masih memiliki kekurangan 1,7 juta ekor domba.Dengan sistem klaster, Teten optimistis populasi domba bisa terus meningkat.

“Kekurangan 1,7 juta itu bisa ditutupi dengan 850 kelompok ternak. Nantinya tiap kelompok ternak memiliki minimal 200 ekor domba,” katanya.

Baca Juga:   Gubernur Jabar Beri Kujang untuk Pebalap Dunia Marc Marquez

Teten mengatakan, salah satu yang bisa mengembangkan bisnis tersebut yakni pondok pesantren. Nantinya para santri juga bisa belajar berwirausaha.

Bupati Garut, Rudy Gunawan, mengaku domba garut jadi salah satu unggulan. Pihaknya pun manargetkan bisa memiliki 3 juta domba.

Program yang dikembangkan Kemenkop UKM ini juga mengajak masyarakat untuk berbisnis. Apalagi domba garut punya keuntungan dari sisi produktivitasnya.

“Cross breed antara domba dorper Australia dengan domba Garut ini punya keuntungan. Per hari dagingnya bisa bertambah 2 ons. Jadi sangat menguntungkan,” ucap Rudy.

Baca Juga:   Polres Garut Melakukan Cek Kesiapan Jalur Operasi Pengamanan Libur Nataru

Dengan penduduk Kabupaten Garut mencapai 2,7 juta, populasi domba di Garut baru mencapai 1,3 juta. Rudy menargetkan dalam dua tahun ke depan, populasi domba bisa sama dengan jumlah penduduk Garut.

“Harusnya sama populasi domba dengan jumlah penduduk itu. Sekarang kan populasinya baru 1,3 juta. Masih kurang 1,7 juta lagi untuk target 3 juta domba,” katanya. (Trbn)

Komentar

Berita Terkait