oleh

Desa Wisata Harus Berakselerasi Tanpa Menghilangkan Nilai Budaya

GOSIPGARUT.ID — Ketua Umum Asosiasi Sinergi Desa Wisata Indonesia (Asdewi) Syaiful Huda mengajak pegiat desa wisata agar terus melakukan inovasi. Melalui inovasi diharapkan desa wisata semakin berkembang secara ekonomi tanpa menghilangkan nilai-nilai budaya.

“Kita saat ini dihadapkan dalam ruang yang begitu cepat. Untuknya kita dituntut selalu berakselerasi dengan inovasi-inovasi baru tanpa menghilangkan nilai-nilai budaya,” ucap Huda dalam rilis yang diterima, Minggu (24/11/2019).

Ia yang juga menjabat sebagai Ketua Komisi X DPR RI ini baru saja didaulat sebagai Ketua Umum Asdewi oleh pegiat desa wisata se-Indonesia. Ia pun mengingatkan agar pegiat desa wisata untuk terus mengembangkan potensi yang ada dengan gaya kekinian. Karena sering kali desa diidentikan dengan sesuatu yang ketinggalan zaman.

“Itu semua harus dibantah dengan karya nyata.” ucap Huda.

Baca Juga:   Desa Cibatu Garut Proyeksikan Jadi Desa Wisata Budaya

Menurutnya, desa merupakan aspek penting dalam kehidupan masyarakat. Pasalnya, tanpa ada desa yang produktif, kota akan menggantungkan kebutuhannya pada impor dan itu tidak baik.

Untuk itu, di momentum penutupan pelatihan pegiat desa wisata, Huda mengajak semua pihak untuk secara sungguh-sungguh mengembangkan potensi desa demi Indonesia yang lebih baik.

“Mari kita bangun Indonesia mulai dari desa. Utamanya kami ingin desa wisata ini bersinergi dengan wisata yang dikelola oleh pemerintah pusat maupun pemerintah daerah,” ucapnya.

Baca Juga:   Disparbud Garut Ciptakan Ramah Wisata untuk Dongkrak Kunjungan

Sementara itu Pegiat Desa Wisata yang juga peserta pelatihan Desa Wisata I Kadek Suardika mengapresiasi langkah dan kesediaan Syaiful Huda menjadi Ketum Asdewi. Menurutnya, Huda bisa bersinergi dan mengembangkan desa wisata.

“Kami yakin Pak Huda bisa mensinergikan wisata yang dikelola dengan kementerian wisata dan desa, utamanya bisa membawa desa wisata menjadi penopang wisata nasional seperti Danau Toba, Bali, dan Mandalika,” ujarnya. (Gun)

Komentar

Berita Terkait