oleh

Sama dengan di 2019, Pemkab Garut Ajukan APBD Rp4,9 Triliun untuk Tahun 2020

GOSIPGARUT.ID — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut telah mengajukan rancangan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Garut kepada Pemerintah Pusat sebesar Rp4,9 triliun untuk tahun 2020, pengajuan tersebut sama seperti tahun 2019 tidak ada perubahan.

“Diajukan Rp4,9 triliun sama dengan APBD tahun ini,” kata Bupati Garut Rudy Gunawan kepada wartawan, Senin (7/10/2019).

Baca Juga:   Pegunungan Garut Dilanda Cuaca Dingin, Pemkab Siapkan Selimut untuk Warga

Ia menuturkan, Pemkab Garut telah melakukan persiapan untuk kebutuhan anggaran tahun 2020 ke Pemerintah Pusat termasuk untuk Dana Alokasi Khusus dan Dana Alokasi Umum (DAU).

Pemkab Garut, kata Rudy, tidak hanya mendapatkan kiriman anggaran dari pemerintah pusat, tetapi ada alokasi dana kiriman dari pemerintah provinsi atau disebut bantuan provinsi.

Sementara sumber dana lainnya, kata dia, dari Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Garut sebesar Rp500-an miliar setiap tahunnya.

Baca Juga:   Pemkab Garut Usulkan UMK di Tahun 2020 Jadi Rp1,9 Juta

“Itu (PAD) sudah termasuk PAD dengan pendapatan dari rumah sakit,” ujar Rudy.

Ia menambahkan, saat ini APBD Garut hingga Oktober 2019 baru terserap sebesar 60 persen, masih ada waktu selama dua bulan untuk memanfaatkan sisa anggaran tersebut. “Anggaran kita baru 60 persen,” kata Rudy.

Menurut dia, jelang akhir tahun jajarannya optimistis bisa memanfaatkan anggaran karena saat ini masih banyak proyek yang berjalan membutuhkan anggaran.

Baca Juga:   Totong Raih Prestasi Istimewa pada Pelatihan Kepemimpinan Nasional

“Tahun ini tinggal beberapa bulan lagi, sedang kita kebut pengerjaan proyeknya,” kata bupati. (Ant/Fj)

Komentar

Berita Terkait