oleh

9 Jam Setelah Diresmikan Wabup Helmi, Turap MTsN 3 Garut Ambrol

GOSIPGARUT.ID — Wakil Bupati (Wabup) Garut, Helmi Budiman, Selasa (3/12/2019) kemarin sekitar pukul 10.00 WIB meresmikan penggunaan ruang kelas dan turap (dinding penahan tanah) yang baru rampung dibangun di kompleks Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 3 Garut yang berlokasi di Kecamatan Cisewu, Kabupaten Garut.

Saat peresmian, Wabup mengapresiasi pelaksanaan pembangunan dua sarana infrastruktur yang dibangun pihak ketiga dengan tepat waktu itu. Namun ironisnya, khusus turap yang sumber dananya berasal dari CSR Indomart, sekitar 9 jam setelah diresmikan Wabup Helmi terjadi ambrol karena diduga kualitas pembangunannya yang jelek.

Menurut warga sekitar di Kampung Cikuning, Desa/Kecamatan Cisewu, Kabupaten Garut, turap sepanjang 22 meter dan tinggi 7 meter itu, ambrol sekitar pukul 18.30 setelah sebelumnya hujan dengan intensitas sedang mengguyur kawasan tersebut. Dua rumah warga yang ada di Kampung Cikuning hampir menjadi korban ambrolnya turap itu.

Pemantauan GOSIPGARUT.ID di lokasi kejadian pada Rabu (4/12/2019) pagi, memang terlihat bongkahan tanah dan bebatuan dari ambrolnya turap itu hampir menimbun sebagian rumah (bagian belakang) milik warga bernama Ahmad Setiawan. Menurut dia, jika saja tidak diperbaiki secepatnya, turap akan kembali ambrol dengan intensitas lebih besar yang dampaknya bisa menimbun rumahnya.

Baca Juga:   Tukang Cukur di Garut Galang Dana untuk Korban Tsunami Banten dan Lampung

“Yang ambrol sekarang ini baru sebagian, sepanjang 14 meter. Tetapi jika dibiarkan, bagian turap yang masih bagus pun akan kembali ambrol. Apalagi volume turap yang tersisa lebih besar dari yang sudah ambrol. Ini bisa menimbun rumah kami secara keseluruhan,” kata Ahmad.

Bagian turap yang ambrol pada Selasa (3/12/2019) malam. (Foto: Galih Pawarti)

Warga yang beprofesi sebagai pedagang itu berharap hari ini juga turap sepanjang 22 meter yang sudah mengancam rumahnya itu segera diperbaiki. Sebab jika tidak, sisa turap yang belum ambrol akan ambrol juga bahkan akan lebih parah dari ambrolnya yang pertama.

Baca Juga:   Garut Akan Kembangkan Hutan Sancang Jadi Destinasi Wisata Terbatas

Sementara dikatakan Daud, tetangganya Ahmad, sejak terjadinya turap ambrol pada Selasa malam, hingga Rabu pagi sudah banyak pihak yang meninjau ke lokasi kejadian. “Yang datang ke sini, selain masyarakat juga ada Muspika Cisewu dan pihak Indomart. Kata pihak Indomart hari ini juga (turap) akan diperbaiki,” katanya.

Dibenarkan pihak MTsN 3 Garut bahwa mulai Rabu (4/12/2019) ini turap yang dibangun pihak ketiga (pemborong) dari dana CSR Indomart itu akan segera diperbaiki. “Semalam pihak sekolah sudah memberi tahu pihak Indomart bahwa sebagian turap yang dibangun terjadi ambrol. Dan pihak Indomart segera memerintahkan pelaksana proyek untuk memperbaikinya,” ujar salah seorang guru. ***

Komentar

Berita Terkait