Peristiwa

Petugas Gabungan Periksa Kelayakan Kendaraan Umum di Terminal Garut

×

Petugas Gabungan Periksa Kelayakan Kendaraan Umum di Terminal Garut

Sebarkan artikel ini
Kepala Kepolisian Resor Garut AKBP Budi Satria Wiguna bersama petugas gabungan Polri, Dinas Perhubungan, dan sejumlah instansi terkait memeriksa kondisi kelayakan kendaraan angkutan umum di Terminal Guntur, Kabupaten Garut,Jum'at 21 Desember 2018. (Foto: Istimewa)

GOSIPGARUT.ID — Petugas gabungan Polri, Dinas Perhubungan, dan sejumlah instansi terkait memeriksa kondisi kelayakan kendaraan angkutan umum di Terminal Guntur, Kabupaten Garut, Jum’at (21/12/2018), sebagai antisipasi terjadinya kecelakaan lalu lintas pada musim pengamanan libur natal dan tahun baru.

Kepala Kepolisian Resor Garut AKBP Budi Satria Wiguna mengatakan, pemeriksaan itu untuk memastikan bahwa kendaraan angkutan umum yang beroperasi di Garut kondisinya aman dan dinyatakan layak beroperasi.

“Kita lakukan pemeriksaan untuk memberikan rasa aman bagi penumpangnya, karena kendaraan ini bukan mengangkut barang tapi orang,” kata Kapolres.

Baca Juga:   Wanita Pemeran "Seks Gangbang" di Garut Itu Berinisial VA Usia 19 Tahun

Ia menuturkan, jajarannya telah diterjunkan untuk memeriksa langsung kondisi kendaraan termasuk kelengkapan surat-surat kendaraan dan Surat Izin Mengemudi (SIM) para sopir yang bersangkutan.

Jika ada kendaraan yang tidak layak operasi dan tidak dilengkapi surat-surat resmi kendaraan, kata Kapolres, maka kendaraan umum tersebut ditilang dan dilarang beroperasi atau membawa penumpang. “Saya perintahkan tilang dan peringatkan pengusaha pemilik angkutannya,” kata Kapolres.

Baca Juga:   Rumah Duta Pancasila di Garut Rusak Diterjang Hujan yang Disertai Angin Kencang

Ia menyampaikan, operasi pemeriksaan kendaraan umum itu akan dilakukan secara berkelanjutan untuk mengantisipasi terjadinya kecelakaan lalu lintas menimpa kendaraan umum.

Kapolres mengimbau, pengendara maupun pemilik perusahaan angkutan umum untuk tidak mengoperasikan kendaraan yang tidak layak jalan, karena akan membahayakan penumpangnya maupun pengguna jalan lainnya.

“Tolong perhatikan keselamatan dan kenyamanan penumpang, ingat yang dibawa angkutan umum ini nyawa manusia tidak boleh asal-asalan,” katanya.

Baca Juga:   Dua Desa di Wanaraja Diterjang Angin Puting Beliung, Enam Rumah Rusak

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Garut, Suherman mengatakan, jajarannya sudah disiapkan di setiap terminal maupun sejumlah ruas jalan untuk membantu pengamanan dan pengaturan arus lalu lintas kendaraan umum.

Konten berbayar berikut adalah iklan platform Mixadvert dan MGID. Gosipgarut.id tidak terkait dengan materi konten ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *