Berita

Sumringah, Pelaku UMKM di Garut Ini Miliki Kemasan Produk Cukup Bagus Berkat Program Moyan

×

Sumringah, Pelaku UMKM di Garut Ini Miliki Kemasan Produk Cukup Bagus Berkat Program Moyan

Sebarkan artikel ini
Tita Komalasari (49), warga Desa Sukamurni, Kecamata Cilawu, Kabupaten Garut.

GOSIPGARUT.ID — Wajah salah satu pelaku UMKM (usaha mikro, kecil dan menengah), yaitu Tita Komalasari (49), warga Desa Sukamurni, Kecamata Cilawu, terlihat sumringah. Betapa tidak, usaha rengginang yang telah dia jalani selama 15 tahun, kini memiliki kemasan bagus yang sebelumnya hanya menggunakan plastik biasa untuk mengemas produknya.

Tita mengungkapkan, dirinya merasa sangat terbantu dengan adanya layanan desain kemasan yang dilakukan Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah (Diskop UKM) Kabupaten Garut.

“Makasih banget, (kemasannya jadi) bagus, kan (sesuai tagline) UKM naik kelas. Harapannya makin jaya terus makin sukses,” ungkapnya penuh gembira.

Baca Juga:   Juara Umum Porsadin Tingkat Jabar, Bupati Garut: Berkat Dukungan Besar Masyarakat

Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Diskop UKM) Kabupaten Garut kini sedang gencar-gencarnya memperkenalkan Mobil Layanan Desain Kemasan (Moyan) untuk membantu pelaku usaha mikro, salah satunya di Desa Sukamurni, Kecamatan Cilawu.

Pelayanan Moyan di desa itu bertujuan untuk meningkatkan kapasitas usaha mikro dengan memberikan desain kemasan gratis, sehingga pelaku usaha mikro di desa-desa dapat lebih berdaya saing.

Baca Juga:   Seorang Warga yang Diisolasi RSUD Garut Positif Terjangkit Covid-19

Kepala Bidang Pengembangan Usaha Koperasi dan Usaha Mikro Diskop UKM Garut, Yadi Arriyadi, menjelaskan bahwa Desa Sukamurni merupakan titik kesembilan dari 18 desa di Kecamatan Cilawu yang mendapatkan layanan ini. Menurutnya, desa itu dipilih karena memiliki potensi usaha mikro yang sangat besar.

Selain desain kemasan, Diskop UKM juga menyediakan layanan pembuatan Nomor Induk Berusaha (NIB), Pangan Industri Rumah Tangga (PIRT), Penyuluhan Keamanan Pangan (PKP), dan sertifikasi halal self declare.

Baca Juga:   Duh... 99,8 Persen Kasus Stunting di Garut Akibat Faktor Kemiskinan
Konten berbayar berikut adalah iklan platform Mixadvert dan MGID. Gosipgarut.id tidak terkait dengan materi konten ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *