Nasional

Kementerian ESDM Tegaskan Harga Pertalite dan Solar Tidak Naik pada Juli 2024

×

Kementerian ESDM Tegaskan Harga Pertalite dan Solar Tidak Naik pada Juli 2024

Sebarkan artikel ini
ILUSTRASI -- Harga BBM.

GOSIPGARUT.ID — Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menegaskan bahwa harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi, yakni pertalite dan solar, tidak akan mengalami kenaikan pada bulan Juli 2024.

“Pertalite yang JBKP (Jenis BBM Khusus Penugasan) belum disesuaikan, seperti solar. Kalau Pertamax Cs mungkin,” kata Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publik, dan Kerja Sama Kementerian ESDM Agus Cahyono Adi dalam keterangannya yang diterima Minggu (30/6/2024).

Meskipun demikian, Agus mengatakan bahwa hingga saat ini harga BBM nonsubsidi, yakni pertamax series dan dex series, belum dipastikan apakah akan ada penyesuaian atau tetap.

Baca Juga:   Vanessa Angel dan Suami Tewas Kecelakaan Lalulintas, Keluarga Yakin Sopir Lalai

“Sampai saat ini belum disesuaikan, kalau BBM umum nonsubsidi (pertamax series dan dex series) ditetapkan oleh badan usaha, sepanjang dalam kisaran harga formulasinya,” katanya.

Agus juga mengatakan bahwa sejauh ini Harga Minyak Mentah Indonesia atau Indonesia Crude Oil Price (ICP) cenderung stagnan. Meskipun demikian, ia mengakui, tetap ada beban berat yang berasal dari nilai tukar dolar Amerika Serikat (AS) terhadap rupiah.

Baca Juga:   Rizal Ramli Minta Kedua Capres Tidak Hanya Tawarkan Menu Tahu dan Tempe

“Kalau harga minyak ICP masih stagnan, namun yang berat kursnya,” ujar Agus.

Nilai tukar Dolar AS berdasarkan kurs tengah Bank Indonesia (BI) sampai 27 Juni 2024 berada di level Rp16.324. Sementara, untuk ICP sampai 27 Juni 2024 berada di level 79,12 dolar AS per barel. (Ant)

Konten berbayar berikut adalah iklan platform Mixadvert dan MGID. Gosipgarut.id tidak terkait dengan materi konten ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *