Berita

Bandung Kembali Diguncang Gempabumi, Getaran Dirasakan Warga Cisewu, Talegong, Bungbulang, dan Pameungpeuk

×

Bandung Kembali Diguncang Gempabumi, Getaran Dirasakan Warga Cisewu, Talegong, Bungbulang, dan Pameungpeuk

Sebarkan artikel ini
Gempabumi Kabupaten Bandung.

GOSIPGARUT.ID — Kabupaten Bandung kembali diguncang gempabumi tektonik pada Rabu, 01 Mei 2024 pukul 20:35:01 WIB. Gempabumi berkekuatan magnitudo 4.0 itu dengan Skala Intensitas III MMI (Getaran dirasakan nyata dalam rumah, terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu).

Gempabumi dengan episenter terletak pada koordinat 7.82 LS dan 107.26 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 93 km barat daya Kabupaten Bandung, Jawa Barat pada kedalaman 24 km, itu juga menggetarkan wilayah Cikajang, Pamulihan, dan Garut dengan Skala Intensitas II MMI (Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang).

“Namun hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempabumi tersebut,” ujar Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Wilayah II Tangerang, Hartanto.

Baca Juga:   Sering Macet, Keberadaan Jalan Tol di Lintas Selatan Sebuah Kebutuhan

Ia menuturkan, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktivitas sesar bawah laut.

“Hingga pukul 21:00 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan. Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya,” pungkas Hartanto. ***

Baca Juga:   Banjir Bandang Selain Terjang Pameungpeuk dan Cibalong, juga Cikelet
Konten berbayar berikut adalah iklan platform Mixadvert dan MGID. Gosipgarut.id tidak terkait dengan materi konten ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *