Wisata

Mengenang Bangunan Bersejarah Garut, Antara Kehilangan dan Harapan Pelestarian

×

Mengenang Bangunan Bersejarah Garut, Antara Kehilangan dan Harapan Pelestarian

Sebarkan artikel ini
Bangunan heritage di area perkotaan Kabupaten Garut. (Foto: Muhamad Azi Zulhakim)

GOSIPGARUT.ID — Kabupaten Garut, yang dikenal sebagai Swiss Van Java, mempertahankan pesonanya sebagai destinasi pariwisata berkat keindahan alam dan warisan kolonialnya. Sejarawan dan budayawan Garut, Warjita, mengungkapkan bahwa keelokan Garut dengan ciri khas uniknya telah menarik perhatian orang Eropa sejak zaman kolonial dengan turut mempromosikan keelokannya.

Sebelum Bandung meraih puncak popularitas, Garut dianggap sebagai jantungnya Priangan oleh penjelajah Belanda berkat keindahan geografisnya dan perkebunan Belanda yang memikat menjadi magnet bagi pengunjung dari mancanegara.

“Juga adalah dengan banyaknya perusahaan-perusahaan Belanda yang perkebunan itu ya, perkebunan teh, karet, kina, segala macam ya,” ungkap Warjita.

Baca Juga:   Libur Lebaran, Bupati Garut Persilahkan Pengelola Wisata untuk Melaksanakan Kegiatan

Ia menyoroti kolaborasi unik antara gaya bangunan Eropa dan tradisional Sunda (Indis) yang masih berdiri kokoh hongga kini, seperti Pamengkang dan Gedung Kantor Disparbud, Kantor Pos Garut, dan Gedung BPKAD di Jalan Kian Santang.

“Coba lihat saja yang namanya bangunan-bangunan itu kan pasti ada tinggi, kemudian ada suhunannya (atap), itulah kolaborasi dengan bangunan Sunda,” tambah Warjita, Jum’at (9/2/2024).

Baca Juga:   Daya Tarik Tulisan "Garut" di Simpang Lima Dirusak dengan Aksi Vandalisme

Tak hanya itu, Warjita juga menyoroti peran Alun-alun Garut yang menjadi pusat kehidupan kota ataupun pemerintahan. Alun-alun ini, yang sudah ada sebelum masa kolonial, menjadi saksi bisu keberlanjutan pusat pemerintahan tradisional dari Kesultanan Agung Mataram hingga masa kolonial Belanda.

Bangunan heritage di area perkotaan Kabupaten Garut. (Foto: Muhamad Azi Zulhakim)
Konten berbayar berikut adalah iklan platform Mixadvert dan MGID. Gosipgarut.id tidak terkait dengan materi konten ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *