Jawa Barat

Pemrov Jabar Siap Bangun 144 USB, Plt Sekda: Syaratnya Pemda Sediakan Lahan Baru

×

Pemrov Jabar Siap Bangun 144 USB, Plt Sekda: Syaratnya Pemda Sediakan Lahan Baru

Sebarkan artikel ini
Plt Sekda Pemprov Jabar, Taufik Budi Santoso. (Foto: Istimewa)

GOSIPGARUT.ID — Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jabar mulai tahun 2024 ini akan memulai membangun Unit Sekolah Baru (USB) terdiri dari jenjang SMA, SMK, dan SLB yang menjadi kewenangan Pemrov.

Hal itu, selain untuk menambah daya tampung saat pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tingkat SMA sederajat, juga pemenuhan
agar di setiap kecamatan di Jabar memiliki SMA dan SMK Negeri.

Pelaksana Harian (Plh) Sekretaris Daerah Jabar, Taufik Budi Santoso mengatakan, pembangunan USB akan dimulai tahun 2024 dan yang diprioritasnya jika Pemda kabupaten/kota sudah menyediakan lahan.

Baca Juga:   Pemprov Jabar Berikan Bantuan Perbaikan 1.480 Rutilahu di Garut

“Sekiranya, yang menjadi prioritas pembangunan sekolah baru itu akan diutamakan bagi wilayah yang sudah tersedia aset (tanahnya),” kata dia, Rabu (10/1/2024).

Karena itu, pihaknya mengimbau kepada pemerintah kabupaten/kota, jika memiliki lahan atau aset yang bisa dihibahkan untuk dibangun USB, hendaknya segera melaporkannya kepada pihak Pemprov. Nantinya pihak Pemprov yang akan membangunnya.

Baca Juga:   Pemprov Jabar Kerahkan 1,4 Juta Kader PKK untuk Turunkan Angka Prevalensi Stunting

“Kalau ada lahan yang bisa dibangun SMA, laporkan ke Pemprov. Tahun 2024 ini juga akan langsung dibangun,” ujar Taufik.

Untuk diketahui, mulai tahun 2024 ini Pemprov Jabar memulai membangun USB itu. Sementara target pembangunan 144 USB selesai dalam waktu lima tahun ke depan. “Selesai paling tidak dalam lima tahun ke depan yang 144. Syaratnya tadi, asetnya harus clear and clean dulu baru bisa kita bangun,” katanya.

Baca Juga:   Jabar Tawarkan 209 Proyek Investasi Senilai Rp700 Triliun kepada Dunia

Ditanya mengenai anggaran pembangunan 144 sekolah baru itu, Taufik belum bisa menyebutkan secara pasti nilai totalnya berapa. Hanya saja, ia menyebut rata-rata untuk membangun 1 USB itu dibutuhkan kurang lebih Rp3 miliar.

Konten berbayar berikut adalah iklan platform Mixadvert dan MGID. Gosipgarut.id tidak terkait dengan materi konten ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *