Berita

Bawaslu Garut Buka Lowongan untuk 8.000 Pengawas TPS, Catat Waktu Pendaftarannya!

×

Bawaslu Garut Buka Lowongan untuk 8.000 Pengawas TPS, Catat Waktu Pendaftarannya!

Sebarkan artikel ini
ILUSTRASI -- Pengawas Tempat Pemungutan Suara.

GOSIPGARUT.ID — Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Garut, membuka rekruitmen untuk posisi Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS), berjumlah 8.000 orang se-Kabupaten Garut.

Koordinator Divisi Sumber Daya Manusia dan Organisasi (SDMO) Bawaslu Kabupaten Garut, Imam Sanusi, mengatakan pendaftaran dibuka mulai 2 hingga 6 Januari 2024. Kriteria yang harus dipenuhi antara lain adalah WNI, berusia minimal 21 tahun, dan tidak memiliki ikatan perkawinan dengan penyelenggara Pemilu.

“Penyelenggara Pemilu dimaksud adalah Komisi Pemilihan Umum (KPU), Bawaslu, dan Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP),” ujar dia, Selasa (2/1/2024).

Baca Juga:   Menteri Era SBY Temui Bupati dan Kunjungi Garut Selatan untuk Usung Kawasan Ekonomi Khusus

Imam menjelaskan, kalau pengawas TPS mendaftar menjadi bagian penyelenggara, kemudian terpilih menjadi penyelenggara tersebut, maka pengawas TPS tersebut harus mengundurkan diri. Itu untuk istri atau suaminya yang menjadi penyelenggara Pemilu.

Lalu gimana kalau anak? Kalau misalkan anak, kemudian bapak atau misalkan adek, apakah itu bisa masuk atau tidak sesuai dengan persyaratan? Itu bisa,” kata dia.

Baca Juga:   Bawaslu Garut Panggil Mantan Kepala Polsek Pasirwangi

Imam menuturkan, masyarakat yang ingin menjadi pengawas TPS hanya bisa mendaftarkan diri di kecamatan yang tertera di Kartu Tanda Penduduk (KTP) masing-masing, sehingga tidak bisa mendaftarkan diri di lintas kecamatan.

“Untuk orangnya ini harus sesuai dengan lokus kecamatan. Jadi tidak spesifik harus di desa, melainkan ada kelonggaran asalkan dalam satu kecamatan itu bisa,” jelasnya.

Baca Juga:   Polisi Sebut Mayat Pria yang Ditemukan di Sungai Cikamiri Garut Diduga Korban Pembunuhan

Proses seleksi meliputi pendaftaran, seleksi administrasi, wawancara, dan pembekalan. Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan akan mengelola proses seleksi ini. Pembekalan mencakup tugas, fungsi, dan wewenang PTPS, termasuk prosedur dan pengawasan di TPS.

Konten berbayar berikut adalah iklan platform Mixadvert dan MGID. Gosipgarut.id tidak terkait dengan materi konten ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *