Jawa Barat

BPBD Minta Warga Jabar Waspadai Potensi Hujan dan Cuaca Ekstrem di Malam Pergantian Tahun

×

BPBD Minta Warga Jabar Waspadai Potensi Hujan dan Cuaca Ekstrem di Malam Pergantian Tahun

Sebarkan artikel ini
ILUSTRASI -- Cuaca ekstreem.

GOSIPGARUT.ID — Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Barat (Jabar) meminta warga untuk waspada potensi hujan sedang hingga lebat dengan disertai angin kencang atau cuaca ekstrem yang melanda saat malam pergantian Tahun Baru 2024.

Pranata Humas Ahli Muda BPBD Jabar Hadi Rahmat mengatakan berdasarkan informasi dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) masyarakat harus mewaspadai cuaca ekstrem dan mengantisipasi dampaknya sedini mungkin.

“Dari informasi yang kami terima untuk wilayah Jawa Barat khususnya, memang perlu diwaspadai potensi cuaca ekstrim, baik itu angin puting beliung serta hujan lebat. Karena bisa berdampak juga terhadap bencana longsor maupun banjir,” kata dia, Minggu (31/12/2023).

Baca Juga:   Bey Machmudin: Sejak Januari hingga Maret Sudah 105 Orang di Jabar Meninggal Dunia Akibat DBD

Menurut Hadi, BMKG telah memonitor perkembangan kondisi cuaca dan iklim, khususnya di wilayah Jabar yang saat ini menunjukkan adanya potensi peningkatan hujan hingga beberapa hari ke depan.

“Untuk beberapa hari ke depan ini yang kami terima potensi hujan itu memang ada,” ujarnya.

BMKG telah merinci wilayah yang berpotensi hujan pada periode 31 Desember-2 Januari 2024 yakni Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Lampung, Bangka Belitung, Jambi, Sumatera Selatan, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Kalimantan Barat, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, Papua Barat, dan Papua.

Baca Juga:   Antisipasi Cuaca Ekstrem, Dishub Jabar Imbau Pemudik Sepeda Motor untuk Berangkat Pagi Hari

Kemudian pada periode 3-6 Januari 2024 hujan berpotensi terjadi di Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Lampung, Bangka Belitung, Jambi, Sumatera Selatan, Banten, DKI Jakarta bagian selatan, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur.

Konten berbayar berikut adalah iklan platform Mixadvert dan MGID. Gosipgarut.id tidak terkait dengan materi konten ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *