Berita

Diawali Bunyi Celentung, Garut Festival 2023 Resmi Dibuka Bupati Rudy Gunawan

×

Diawali Bunyi Celentung, Garut Festival 2023 Resmi Dibuka Bupati Rudy Gunawan

Sebarkan artikel ini
Dengan membunyikan celentung Bupati Rudy Gunawan membuka Garut Festival Tahun 2023 di Alun-Alun Garut Kabupaten Garut, Rabu (27/12/2023). (Foto: M. Azi Zulhakim)

GOSIPGARUT.ID — Bupati Rudy Gunawan secara resmi membuka Garut Festival (G Fest) 2023 di Alun-Alun Kabupaten Garut, Rabu (27/12/2023). Kemeriahan pembukaan festival diawali dengan bunyi celentung, sebuah alat musik tradisional Kabupaten Garut, yang dimainkan oleh Bupati dan Wakil Bupati Helmi Budiman, bersama tamu undangan lainnya.

G Fest 2023, yang merupakan festival kedua, menandai akhir masa jabatan Bupati dan Wakil Bupati. Rudy menyampaikan harapan agar festival ini dapat berlangsung dengan suka cita dan memberikan dampak positif bagi masyarakat. Ia juga memberikan apresiasi kepada Dinas Perindustrian, Perdagangan, Energi, dan Sumber Daya Mineral (Disperindag ESDM) Kabupaten Garut atas kesuksesan penyelenggaraan festival ini.

Salah satu prestasi yang disorot Bupati adalah keberhasilan produk kulit Garut yang telah mencapai panggung internasional, bahkan menjadi bagian dari interior pesawat Lion Air Group. Hal ini, menurut dia, merupakan buah dari tema G Fest tahun lalu, “Produk Garut Mendunia”. Produk ekonomi kreatif lainnya dari Kabupaten Garut, seperti batik Garutan, akarwangi, bambu, dan berbagai kuliner, termasuk baso aci, juga turut dipamerkan dalam festival ini.

Baca Juga:   Warga Berpolemik Soal "Kota Dodol", Bupati Rudy Justru Menjawab Datar

“Dari hasil (tema G Fest) UKM mendunia bahwa produk kulit Indonesia, diwakili oleh produsen kulit Sukaregang, masuk dalam event internasional di Itali setiap tahun,” ujar Rudy.

Ia mengatakan bahwa Kabupaten Garut memiliki banyak produk ekonomi kreatif, mulai dari batik Garutan, akarwangi, bambu, hingga beberapa kuliner seperti baso aci yang kini mulai banyak digemari oleh masyarakat luas. Semua produk-produk tersebut hadir di Garut Festival 2023.

Baca Juga:   Fraksi PDIP Ucapkan Selamat Atas Dilantiknya Rudy Gunawan -- Helmi Budiman
Konten berbayar berikut adalah iklan platform Mixadvert dan MGID. Gosipgarut.id tidak terkait dengan materi konten ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *