Berita

Wabup Garut: Warga yang Tinggal di Lokasi Terdampak Banjir Banjarwangi Harus Direlokasi

×

Wabup Garut: Warga yang Tinggal di Lokasi Terdampak Banjir Banjarwangi Harus Direlokasi

Sebarkan artikel ini
Wakil Bupati Helmi Budiman monitoring pasca banjir di Desa Padahurip, Kecamatan Banjarwangi, Kabupaten Garut, Jum'at (22/7/2022). (Foto: Yogi Budiman)

GOSIPGARUT.ID — Wakil Bupati (Wabup) Helmi Budiman menyatakan, warga yang tinggal di wilayah terdampak banjir di Desa Padahurip, Kecamatan Banjarwangi, Kabupaten Garut, harus segera direlokasi, dikarenakan lokasi yang cukup membahayakan jika terjadi hujan deras.

“Jadi kalau air meluap sedikit saja sudah terendam, apalagi aliran ini kan kenceng, tarik caina. Jadi bagaimana kita bayangkan kalau ada banjir deras, sangat membahayakan. Jadi harus ada relokasi,” kata dia, Jum’at (22/7/2022), saat meninjau lokasi banjir yang terjadi di Desa Padahurip, Kecamatan Banjarwangi, Kabupaten Garut, beberapa waktu lalu.

Baca Juga:   Hadapi Krisis Besar, Wabup Helmi Budiman Minta Penyuluh Pertanian di Garut Bersatu

Helmi menyampaikan, penyintas bencana banjir di Desa Padahurip berjumlah kurang lebih 31 kepala keluarga (KK) dengan berdampak pada 28 rumah. Wabup menyebutkan, pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan pihak desa untuk segera melakukan tindakan relokasi tersebut.

“Sebagian besar warga setuju (direlokasi), dan ini harus 100% (direlokasi) ya. Jadi jangan menyisakan satu pun. Kalau ada satu di sini tetap membahayakan juga kan,” ujarnya.

Baca Juga:   Desa Pamalayan Bangun Jalan, TPT, dan Rabat Beton Senilai Rp117 Juta Lebih, Warga Gembira

Terkait penyaluran bantuan, Helmi mengatakan pihaknya melalui Dinas Sosial (Dinsos), Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), serta Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kabupaten Garut telah menyalurkan bantuan kepada para penyintas. Ia juga berterimakasih kepada beberapa lembaga masyarakat yang turut andil memberikan bantuan bagi warga terdampak bencana.

“Hari ini paling kita (lihat) yang kurang-kurangnya lah apa. Tadi ada kasur yang masih minta tambahan lah, kita siapkan. Kemudian makanan juga kita ini harus siap ya nanti dari BPBD maupun dinas sosial harus siap sampai tanggap darurat ini sudah kita siapkan,” kata Helmi.

Konten berbayar berikut adalah iklan platform Mixadvert dan MGID. Gosipgarut.id tidak terkait dengan materi konten ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *