Hukum

Sidang Habib Bahar, Pimpinan Ponpes di Garut Sebut Isi Ceramah Memprovokasi

×

Sidang Habib Bahar, Pimpinan Ponpes di Garut Sebut Isi Ceramah Memprovokasi

Sebarkan artikel ini
Habib Bahar dalam persidangan di PN Bandung. (Foto: Istimewa)

GOSIPGARUT.ID — Selain saksi warga sekitar lokasi ceramah di Margaasih, Kabupaten Bandung, sidang kasus penyebaran kabar bohong yang menjerat Habib Bahar bin Smith, juga menghadirkan saksi pimpinan Pondok Pesantren Darussyifa di Kabupaten Garut Faisal Sobari. Dalam kesaksiannya, Faisal menyebut isi ceramah Habib Bahar memprovokasi dan meresahkan masyarakat.

Di hadapan majelis hakim, jaksa penuntut umum (JPU), dan kuasa hukum terdakwa, Faisal Sobari mengatakan, mengetahui ceramah Bahar itu dari jamaah di pondok pesantren (ponpes) melalui tayangan YouTube yang diunggah oleh Tatan Rustandi.

Melalui tayangan di YouTube itu, saksi Faisal Sobari melihat sepenggal video ceramah Habib Bahar. “Siapa waktu itu yang berceramah?” kata ketua majelis Hakim Dodong Rusdani di PN Bandung, Selasa (17/5/2022).

Baca Juga:   Polisi Tetapkan Dea OnlyFans Tersangka Kasus Penyebaran Konten Pornografi

“Yang berceramah waktu itu saudara Bahar Smith, Habib Bahar Smith,” kata Faisal Sobari di persidangan.

Dodong Rusdani kemudian menanyakan sikap atau penilaian Faisal Sobari atas isi ceramah yang disampaikan Habib Bahar dalam peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di Margaasih, Kabupaten Bandung itu.

Faisal Sobari menyatakan, ada kata-kata dalam ceramah Habib Bahar yang mengandung unsur provokasi terutama ketika Habib Bahar menyinggung Habib Rizieq ditangkap karena perayaan Maulid Nabi Muhammad. “Setelah saya melihat konten YouTube tersebut seolah ada kata provokasi lah,” ujar Faisal.

Baca Juga:   Habib Bahar Tantang Debat Pimpinan Pesantren di Garut yang Anggap Ceramahnya Hoaks

“Apa yang dianggap oleh saudara ketika menonton, apa yang memprovokasi? Memprovokasi siapa?” tanya Dodong.

“Yang saya lihat setelah menonton konten YouTube tersebut, penceramah itu beda perkataan dengan penceramah yang lain. Dengan kata yang biasanya penceramah dengan kata-kata seolah damai, tidak seperti yang diutarakan di video tersebut,” ungkap Faisal.

Konten berbayar berikut adalah iklan platform Mixadvert dan MGID. Gosipgarut.id tidak terkait dengan materi konten ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *