oleh

Kasus Covid-19 Melonjak, ACT Garut Salurkan APD ke RSU dr Slamet

GOSIPGARUT.ID — Kasus positif Covid-19 di Kabupaten Garut melonjak dari hari kehari. Tercatat, dalam sehari mencapai lebih dari 200 orang yang terjangkit Covid-19. Merespon fenomena ini, tim ACT-MRI Garut memberikan bantuan berupa alat pelindung diri (APD) kepada tim medis di RSU dr Slamet Garut.

Selain bantuan APD, Aksi Cepat Tanggap (ACT) Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) Garut pun memberi bantuan berupa air minum wakaf yang diberikan pada Senin 14 Juni 2021.

Kedatangan tim ACT-MRI Garut disambut langsung oleh beberapa staf RSU dr Slamet Garut, di antaranya Staf Informasi dan Hukum, M Yusuf Iswandi yang mengatakan bahwa angka pasien Covid-19 di RSU dr Slamet Garut memang mengalamt peningkatan.

“Peningkatan pasien Covid-19 di RSU Garut cukup tajam. Tercatat lebih dari 200 bed sudah penuh. Dalam hal ini RSU dr Slamet hanya merawat lasien Covid-19 yang bergejala berat, sedangkan gejala ringan diarahkan ke rusun dan bisa juga melakukan isolasi mandiri di rumah masing-masing sesuai prokes kesehatan,” ujar dia.

Baca Juga:   Global Wakaf ACT Garut Salurkan 50 Domba ke Ponpes Al-Faruq Cisurupan

Yusuf memaparkan, selain warga Garut yang positif semakin tinggi tapi juga dari tim medis di RSU dr Slamet juga sudah banyak yang terpapar sehingga banyak yang melakukan isolasi mandiri dan tidak masuk kerja.

“Dari segi SDM seperti perawat, apoteker, dan dokter sudah banyak yang terpapar Covid-19, sehingga mereka melakukan isolasi mandiri di rumah masing-masing sehingga tidak masuk kerja,” terang dia.

Baca Juga:   Pemkab Garut Salurkan Insentif kepada 333 Nakes di RSUD dr. Slamet

Yusuf menuturkan, pihak RSU dr Slamet Garut mengucapkan terima kasih kepada pihak ACT yang telah memberikan bantuan berupa APD dan air minum wakaf.

“Atas nama pihak RSU dr Slamet kami mengucapkan terima kasih banyak atas bantuan APD dan air minum wakaf ini. Insya Allah akan digunakan untuk tim medis yang berjuang merawat pasien Covid-19,” kata dia.

Sementara itu Tim Program ACT Garut, Acep Yahya, mengatakan bahwa bantuan ini untuk membantu tenaga medis dalam bertugas merawat pasien Covid 19.

“Yah ini salah satu bantuan dari ACT Garut untuk membantu pahlawan medis yang telah berjuang merawat dan membantu pasien Covid-19 di RSU dr Slamet Garut. Sedangkan untuk barang yang disalurkan adalah berupa 20 APD dan 20 karton air minum wakaf,” tuturnya, saat menyerahkan bantuan di RSU dr Slamet Garut, Senin (14/06/2021).

Baca Juga:   10 Isyarat yang Diyakini Kerap Dialami Seseorang Menjelang Kematian

Menurut Acep, bantuan di masa pandemi ini bukan hanya untuk tenaga medis di RSU dr Slamet saja, tapi melalui relawan MRI Garut yang membantu warga untuk berobat.

“Alhamdulillah kami punya beberapa relawan yang bergulat di bidang kesehatan, khususnya di RSU dr Slamet. Jadi ketika ada warga yang kesulitan dalam proses berobat di rumah sakit, tim relawan MRI Garut secara cepat tanggap membantu warga agar mendapatkan pelayanan kesehatan,” jelas dia. (Yuyus)

Komentar

Berita Terkait