Jawa Barat

Wagub Jabar Uu Ruzhanul Resmikan Jembatan Simpay Asih Cikaso Garut

×

Wagub Jabar Uu Ruzhanul Resmikan Jembatan Simpay Asih Cikaso Garut

Sebarkan artikel ini
Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum meresmikan Jembatan Simpay Asih Cikaso di Desa Depok, Kecamatan Cisompet, Kabupaten Garut, Rabu (6/1/2021). (Foto: Humas Pemprov Jabar)

GOSIPGARUT.ID — Wakil Gubernur (Wagub) Jawa Barat (Jabar) Uu Ruzhanul Ulum meresmikan Jembatan Simpay Asih Cikaso di Kampung Japara, Desa Depok, Kecamatan Cisompet, Kabupaten Garut, Rabu (6/1/2021).

Adapun jembatan gantung yang menghubungkan Desa Depok di Kecamatan Cisompet dan Desa Paas di Kecamatan Pameungpeuk terputus akibat bencana banjir bandang pada 12 Oktober 2020 lalu.

Satu-satunya akses transportasi warga di dua kampung itu terputus. Aktivitas pelaku usaha mulai dari petani, buruh, dan pelaku usaha menengah ke bawah lainnya lumpuh. Akibatnya, ratusan kepala keluarga terisolir dan perekonomian pun terhenti.

Baca Juga:   Sebaran Temuan Positif Covid-19 Terjadi di 28 Kecamatan, Tarogong Kidul Paling Banyak

Lewat bantuan Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia Kantor Perwakilan Bandung bekerja sama dengan Vertical Rescue Indonesia dan Kodim 0611/Garut, Jembatan Simpay Asih pun kini berdiri kokoh sejak peletakan batu pertama pada 11 November 2020.

Kang Uu — sapaan Uu Ruzhanul — berharap, pembangunan jembatan sepanjang 62 meter yang didukung oleh Pemerintah Provinsi Jabar dan Pemerintah Kabupaten Garut ini bisa dimanfaatkan dan dijaga dengan baik oleh warga kedua desa.

Baca Juga:   Tanggulangi Bencana Alam di Jabar, Ika Unpad Bangun Crisis Center

“Atas nama Pemprov Jabar, saya ucapkan terima kasih kepada Yayasan Buddha Tzu Chi yang telah menyiapkan sarana dan prasarana. Jembatan sangat vital dalam pembangunan Jabar,” kata dia.

“Yang penting setelah dimanfaatkan, mari dijaga karena membangun susah dan merawat lebih susah lagi. Masyarakat juga harus bisa menjaga fasilitas umum,” tambah Kang Uu.

Baca Juga:   Pembangunan Tol Getaci Masih Tahap Pembebasan Lahan, Gubernur Minta Masyarakat Sabar Menunggu

Ia menjelaskan, pembangunan jembatan senilai Rp500 juta lewat kumpulan donasi di Yayasan Buddha Tzu Chi sesuai visi Jabar Juara Lahir dan Batin melalui inovasi dan kolaborasi pentahelix bersama akademisi, pebisnis/swasta, komunitas/masyarakat, pemerintah, dan media (ABCGM).

Konten berbayar berikut adalah iklan platform Mixadvert dan MGID. Gosipgarut.id tidak terkait dengan materi konten ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *