oleh

Polisi Usut Pelaku yang Pertama Kali Menyebarkan Video Syur Mirip Gisel

GOSIPGARUT.ID — Penyidikan kasus video syur yang disebut mirip artis Gisella Anastasia atau Gisel memasuki babak baru. Setelah menangkap dua tersangka penyebar masif video syur, kini polisi mengusut pelaku yang pertama kali menyebarkan video porno itu.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus mengatakan, pihaknya saat ini tengah mem-profiling sebuah akun yang pertama kali menyebarkan video syur tersebut.

“Akun yang menyebarkan yang kita kejar, akun yang pertama menyebarkan ini kita kejar,” kata dia kepada wartawan di Mapolda Metro Jaya, Rabu (18/11/2020).

Yusri mengatakan, hingga kini pihaknya belum bisa memastikan siapa pemeran video syur tersebut. Ia menyebut pihaknya masih akan memanggil 2 saksi yang berkaitan dengan 2 tersangka penyebar dan akan mengejar penyebar video pertama.

“Siapa itu? Itu yang masih kita selidiki, kan saya sudah ngomong ini masih menyangkut masalah 2 saksi, masih jadi saksi loh ya, saksi untuk 2 tersangka akun yang sudah diamankan dan ditahan. Ini masih berlanjut terus. Nanti siapalah penyebar pertamanya siapa termasuk videonya juga sama,” ucapnya.

Baca Juga:   Awas, Menyebarkan Video Syur Gisel Diancam Enam Tahun Penjara

Seperti diketahui, Tim Polda Metro Jaya awalnya menangkap dua orang penyebar video syur yang disebut mirip Gisel itu di dua lokasi yang berbeda. Kedua pelaku berinisial PP (24) dan MF (22).

Tak berhenti di dua tersangka tersebut, penyidikan kasus video syur itu dilanjutkan dengan pemanggilan terhadap Gisel. Selain Gisel, polisi juga memeriksa keterangan dari ahli forensik untuk mendalami sosok pemeran video syur itu.

Forensik analisis wajah pemeran

Yusri Yunus mengatakan pihaknya meminta keterangan ahli forensik untuk menganalisis wajah pemeran di video syur itu.

“Kita akan mengundang saksi ahli, saksi ahli untuk forensik wajah yang ada di video itu,” katanya, Rabu (18/11/2020).

Yusri mengatakan pihak kepolisian juga akan menelusuri sejumlah barang yang ada dalam video tersebut. Selain itu, polisi juga akan meminta keterangan ahli IT.

Baca Juga:   Wasit Asal Garut Itu Ditangkap Karena Terima Suap Rp 45 Juta

“Makanya saya bilang kita nanti panggil saksi ahli IT-nya, saksi ahli forensik untuk wajah untuk apa kan saksi ahli yang mengetahui, wajahnya terus semua, alat-alat yang apa bahan-bahan yang ada di dalam video tersebut. Itu baru kita akan memanggil,” ucapnya.

Polisi akan meminta keterangan dari ahli digital forensik untuk mendalami kasus video syur mirip artis Gisella Anastasia. Selain menganalisis wajah pemeran video syur, ahli digital forensik untuk menganalisis benda-benda yang terlihat pada video tersebut.

“Kita lagi cari (keterangan) dia, ahli forensik untuk wajah sama barang-barang yang ada di video itu, apakah itu adalah misalnya apakah editan atau apa,” ujar Yusri.

Ia menambahkan, sejumlah barang yang ada di video tersebut memang sempat menjadi pembahasan. Menurutnya, barang-barang seperti gorden hingga TV nantinya akan dicek juga oleh pihak kepolisian.

Baca Juga:   Dua Pemeran Video Asusila "Vina Garut" Ditetapkan Jadi Tersangka

“Kan jadi ramai sekarang gorden misalnya, TV itu juga kan. Nah ke depannya kita cek ini dengan panggil saksi ahli forensik,” ucap Yusri.

Ikuti prosedur

Gisel telah menjalani pemeriksaan sebagai saksi terkait video syur itu. Gisel diperiksa di Subdit Cyber Crime Ditreskrimsus Polda Metro Jaya, Selasa 17 November 2020. Bagaimana tanggapan Gisel soal pemeriksaan tersebut?

“Kita ikuti saja prosedurnya sebagai warga negara yang baik,” kata Gisel seusai pemeriksaan di Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Selasa (17/11/2020).

Gisel diperiksa lebih dari 5 jam. Dia mengikuti pemeriksaan sesuai dengan prosedur.

“Datang, kita ikuti saja ya. Oke, terima kasih, thank you, thank you,” ujar Gisel.

Tidak banyak yang diungkap Gisel soal pemeriksaan. Ia kemudian menghindari wartawan dengan alasan takut kena Corona.

“Aduh, Covid… Covid… Covid. Nggak bawa face shield. Nggak berani buka mata,” ungkapnya. ***

Komentar

Berita Terkait