oleh

Asyik…. Pegawai Honorer Akan Dapat Bantuan Rp600 Ribu/Bulan

GOSIPGARUT.ID — Pemerintah memutuskan untuk memberikan bantuan Rp600 ribu/bulan mulai September hingga Desember 2020. Bantuan ini diberikan kepada pegawai swasta dan tidak berlaku bagi pegawai negeri sipil (PNS) maupun pegawai badan usaha milik negara (BUMN).

Namun untuk pegawai pemerintah non PNS alias honorer, Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah menjelaskan juga bakal mendapatkan subsidi gaji Rp600 ribu. Itu lah kenapa pemerintah menambah jumlah penerima bantuan yang semula hanya 13.870.496 orang menjadi 15.725.232 orang.

“Pada awalnya kami hanya mendesain untuk 13 sekian juta sekarang kita perluas menjadi 15 juta lebih. Itu karena kami juga memberikan kesempatan kepada teman-teman pegawai pemerintah non PNS,” kata Ida, Selasa (11/8/2020).

Baca Juga:   Kemenkumham Jabar Masih Dalami Kasus Setnov Kedapatan Pelesiran di Padalarang

Dia menjelaskan bahwa meskipun mereka bekerja di instansi pemerintahan namun tidak tergolong sebagai PNS, dan mereka tidak mendapatkan gaji ke-13 sebagimana yang diperoleh oleh pegawai negeri sipil. “Meskipun dia pegawai pemerintah, dia bekerja di instansi pemerintah tapi dia bukan PNS,” sebutnya.

Mereka juga tetap akan mengikuti persyaratan bahwa yang bisa menerima subsidi Rp600 ribu adalah yang gajinya di bawah Rp5 juta.

Baca Juga:   Korpri Garut Donasikan Rp200 Juta untuk Penanganan Covid-19

“Mereka juga upahnya di bawah Rp5 juta, kebanyakan mereka upahnya UMP (upah minimum provinsi). Ini juga akan kami beri kesempatan. Jadi kami perluas, kalau awalnya 13 juta lebih, sekarang menjadi 15 juta karena kami ingin memperluas manfaatnya,” tambah Ida.

Seiring dengan itu maka anggaran bantuan Rp600 ribu pemerintah untuk subsidi upah ini mengalami kenaikan menjadi Rp37,7 triliun dari semula Rp33,1 triliun. (dtc)

Baca Juga:   Mantan Komandan Tim Mawar Laporkan Majalah Tempo ke Bareskrim

Komentar

Berita Terkait