oleh

Di Balik Kelezatannya, Nasi Goreng Mengandung Kalori Cukup Tinggi

GOSIPGARUT.ID — Lezat dan populer sebagai menu sarapan, nasi goreng ternyata mengandung kalori dalam jumlah yang tinggi. Demikian disampaikan oleh Dokter Spesialis Gizi Klinik dr Titi Sekarindah Ms, SpGK.

“Kalau dikonsumsi terus menerus kan kalorinya tinggi. Nasi goreng pasti pakai minyak, kalah ditambah dari minyak dan minyak gorengnya terlalu panas takutnya timbul radikal bebas,” ujar dia.

Baca Juga:   Es Goyobod, Berasal dari Garut Diperkenalkan di Jakarta Tahun 1930-an

Lebih lanjut, Titi juga menjelaskan bahwa jumlah kalori yang tinggi pada nasi goreng karena dihasilkan dari minyak, dan bahan pelengkap isian, seperti cumi, udang dan telur. Satu porsi nasi goreng lengkap dengan isian jumlah kalorinya bisa mencapai 630.

Jumlah tersebut bahkan dua kali lebih besar dari pada makanan fast food yang rata-rata hanya sekitar 310 kalori. Oleh karena itu, nasi goreng banyak dihindari oleh orang-orang yang sedang menjalankan program diet penurunan berat badan.

Baca Juga:   Tumis Daging Kecap Pedas yang Menggugah Selera, Ini Resepnya!

Makan nasi goreng bisa tetap sehat asalnya memperhatikan beberapa tips memasaknya. Pertama, hindari mencampurkan seafood seperti udang, cumi atau telur sebagai pelengkap nasi goreng. Campuran bahan-bahan tersebut hanya akan menambah jumlah kalori.

Untuk menggantikannya kamu bisa mencampurkan berbagai jenis sayuran, seperti sawi, kacang polong, wortel atau kol. Selain itu, jumlah kalori jika disebabkan karena penggunaan minyak. Karenanya kamu perlu mengganti minyak yang lebih sehat untuk memasak nasi goreng.

Baca Juga:   "Sunda Rasa" dan "Teh Kok", Rumah Makan Pilihan di Jalur Ini

Untuk menggantikan minyak biasa, kamu bisa menggunakan minyak zaitun atau minyak kanola. Kedua jenis minyak tersebut dapat berperan untuk menurunkan kalori jahat dan meningkatkan kolesterol baik. ***

Komentar

Berita Terkait