oleh

Jalan Tol Cileunyi – Garut – Tasikmalaya dalam Proses Lelang Prakualifikasi

GOSIPGARUT.ID — Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat atau PUPR Basuki Hadimuljono mengungkapkan proyek tol Cileunyi-Garut-Tasikmalaya atau Cigatas, saat ini dalam proses lelang prakualifikasi.

“Untuk proyek tol Cigatas sedang lelang prakualifikasi (PQ), jadi ini untuk yang wilayah Cilacap,” ujar Menteri Basuki dalam Rapat Kerja Komisi V DPR RI, belum lama ini.

Sementara untuk proyek tol Tegal-Cilacap sedang dalam proses prastudi kelayakan, ujar Basuki.

“Untuk jalan tol progresnya secara keseluruhan proyek tol Bawen-Yogyakarta akan pemasukan penawaran pada tanggal 18 Agustus 2020 dan saat ini dalam proses lelang,” katanya.

Baca Juga:   Pendatang Baru di Jakarta Didominasi dari Jateng dan Jabar

Kemudian tol Yogyakarta-Solo akan dimulai pengerjaannya pada akhir tahun ini, dan mudah-mudahan pada September 2020 akan dilakukan penandatanganan kontrak.

Sementara proyek tol Palembang-Jambi dan Jambi-Rengat dalam usulan penetapan lokasi atau penlok. Kemudian untuk proyek tol Probolinggo-Banyuwangi atau Probowangi target konstruksinya mulai akhir tahun ini.

“Sedangkan proyek tol Sukabumi-Cianjur-Padalarang sedang dalam proses desain dasar, dan akan dilelang pada tahun 2021 kemudian proses konstruksi dimulai pada 2022,” kata Basuki.

Baca Juga:   Presiden Jokowi Hadiahkan Tol Cigatas untuk Warga Garut dan Tasikmalaya

Sebelumnya Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan bahwa sembilan proyek tol lainnya telah disiapkan dan segera memasuki prakualifikasi lelang pada Juni – Juli 2020.

Selain proyek jalan tol, Kementerian PUPR juga berencana melakukan lelang proyek sistem transaksi tol nontunai berbasis multi-lane free flow (MLFF) di sektor jalan tol.

Kementerian PUPR menyebutkan empat ruas tol siap beroperasi pada akhir Juni 2020 dalam rangka mendukung pemulihan ekonomi nasional. (Ant)

Baca Juga:   Kapolres Garut Bantah Perintahkan Sulman untuk Galang Dukungan kepada Jokowi

Komentar