oleh

Dikeluhkan Wisatawan, Kondisi Air Talangseng Garut Bercampur Limbah Rumah Tangga

GOSIPGARUT.ID — Sejumlah pengunjung mengeluhkan kondisi air di kawasan wisata Irigasi Talangseng di Cimaragas, Kabupaten Garut, yang kotor karena bercampur dengan limbah rumah tangga. Sehingga khawatir menimbulkan penyakit bagi pengunjung yang bermain di kawasan irigasi itu.

“Saya lihat sumber airnya ada pembuangan dari rumah warga, mengalirnya ke irigasi,” kata Didin (50) warga Garut Kota yang pernah berkunjung ke kawasan Irigasi Talangseng, Kamis (9/7/2020).

Ia menuturkan, setelah diresmikan oleh Bupati Garut Rudy Gunawan pada Sabtu (4/7/2020) lalu, membuat penasaran warga Garut untuk berkunjung ke Irigasi Talangseng.

Namun setibanya di lokasi, kata Didin, kondisinya terlihat mencurigakan asal sumber aliran air itu, lalu menelusurinya dan ternyata ada saluran untuk pembuangan limbah rumah tangga.

Baca Juga:   Disiapkan Rp10 Miliar dari APBD Garut untuk Pengembangan Desa Wisata

“Saya main ke sana karena penasaran, tapi pas dilihat sumber airnya ternyata kotor, dan itu bisa menyebabkan gatal-gatal,” ujarnya.

Didin mengaku heran dengan kebijakan pemerintah daerah yang meresmikan kawasan itu menjadi destinasi wisata tanpa mempertimbangkan kesehatan atau dampak buruk jika mandi di saluran air itu.

Selain itu, lanjut dia, pemerintah tidak menyiapkan tempat pemandian bagi pengunjung setelah beraktivitas main di aliran air irigasi.

Baca Juga:   Penataan Kawasan Wisata Situ Bagendit Senilai Rp81 Miliar Dimulai 1 November 2020

“Di tempat kolam renang saja ada tempat untuk mandi, bersih-bersih, di sana tidak ada, saya heran kenapa diresmikan untuk tempat wisata,” tutur Didin. (Rmol)

Komentar

Berita Terkait