Wisata

Dikeluhkan Wisatawan, Kondisi Air Talangseng Garut Bercampur Limbah Rumah Tangga

×

Dikeluhkan Wisatawan, Kondisi Air Talangseng Garut Bercampur Limbah Rumah Tangga

Sebarkan artikel ini
Objek wisata air di Garut, Irigasi Talangseng. (Foto: Istimewa)

GOSIPGARUT.ID — Sejumlah pengunjung mengeluhkan kondisi air di kawasan wisata Irigasi Talangseng di Cimaragas, Kabupaten Garut, yang kotor karena bercampur dengan limbah rumah tangga. Sehingga khawatir menimbulkan penyakit bagi pengunjung yang bermain di kawasan irigasi itu.

“Saya lihat sumber airnya ada pembuangan dari rumah warga, mengalirnya ke irigasi,” kata Didin (50) warga Garut Kota yang pernah berkunjung ke kawasan Irigasi Talangseng, Kamis (9/7/2020).

Ia menuturkan, setelah diresmikan oleh Bupati Garut Rudy Gunawan pada Sabtu (4/7/2020) lalu, membuat penasaran warga Garut untuk berkunjung ke Irigasi Talangseng.

Baca Juga:   Batukaras, Suguhkan Keindahan dan Kenangan Tak Terlupakan bagi Pengunjungnya

Namun setibanya di lokasi, kata Didin, kondisinya terlihat mencurigakan asal sumber aliran air itu, lalu menelusurinya dan ternyata ada saluran untuk pembuangan limbah rumah tangga.

“Saya main ke sana karena penasaran, tapi pas dilihat sumber airnya ternyata kotor, dan itu bisa menyebabkan gatal-gatal,” ujarnya.

Didin mengaku heran dengan kebijakan pemerintah daerah yang meresmikan kawasan itu menjadi destinasi wisata tanpa mempertimbangkan kesehatan atau dampak buruk jika mandi di saluran air itu.

Baca Juga:   Gumuk Pasir Tungtung Karang, Kerap dijuluki "Sahara Van Garut"

Selain itu, lanjut dia, pemerintah tidak menyiapkan tempat pemandian bagi pengunjung setelah beraktivitas main di aliran air irigasi.

“Di tempat kolam renang saja ada tempat untuk mandi, bersih-bersih, di sana tidak ada, saya heran kenapa diresmikan untuk tempat wisata,” tutur Didin. (Rmol)

Konten berbayar berikut adalah iklan platform Mixadvert dan MGID. Gosipgarut.id tidak terkait dengan materi konten ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *