oleh

Baso Tahu “Kala Ider”, Menjumpai Pembeli di Sejumlah Tempat di Garut Selatan

GOSIPGARUT.ID — Pedagang baso tahu keliling bukan hanya ada di kota-kota besar, melainkan di sejumlah tempat yang ada di Garut Selatan pun, seperti Kecamatan Cisewu, Talegong, dan Caringin, pedagang kuliner yang satu ini mudah dijumpai.

Sesuai dengan namanya “Kala Ider” yang berarti waktu beredar, penjual baso tahu yang menjajakan dagangannya dengan sepeda motor ini memang tak mengenal lelah untuk menjumpai pembelinya. Terkecuali hari Jum’at, dalam waktu selama enam hari dalam seminggu, ia selalu menjumpai pembelinya di tiga kecamatan tadi.

“Memang khusus hari Jum’at saya libur. Jadi bagi siapa saja yang ingin baso tahu saya, tunggu saja giliran saya datang ke daerah anda mulai Sabtu sampai Kamis,” ujar Wahyu Ozos (46), pedagang baso “Kala Ider” setengah berkelakar.

Baca Juga:   Persiapan Pemekaran, Tenaga Pendidik untuk Garut Selatan Dipersiapkan

Ia mengaku, sudah tiga tahun dirinya berdagang menggunakan sepeda motor menyusuri sejumlah tempat di Kecamatan Cisewu, Caringin, dan Talegong. Untuk para pembeli di ketiga kecamatan itu, mesti tahu jadwal hari apa baso tahu “Kala Ider” berada di tempatnya.

“Untuk hari Senin dan Selasa, jadwal saya menyusuri tempat-tempat di Kecamatan Caringin. Dari rumah, biasa saya berangkat pagi, pertama menyusuri di Caringin sebelah timur, seperti Desa Sukarame, Caringin, dan Indralayang,” terang pria yang tinggal di Kampung Cigentur, Desa/Kecamatan Cisewu, itu.

Baca Juga:   Sarapan di Resto Mang Engkun, Opor Terubuk Paling Maknyos di Lidah

Pada hari Selasa, tambah Wahyu Ozos, jadwal berdagangnya yakni menyusuri Kecamatan Caringin sebelah barat, seperti Desa Purbayani, Samudera Jaya, dan Cimahi. Kebanyakan tempat yang dikunjunginya adalah tempat ramai, seperti pasar, sekolah, dan Puskesmas.

Wahyu Ozos, penjual baso tahu “Kala Ider” di Garut Selatan. (Foto: Galih Pawarti)

“Untuk Kecamatan Cisewu, jadwal berdagang saya yaitu pada hari Rabu dan Kamis. Semua tempat ramai, termasuk terminal, saya jumpai. Alhamdulillah, untuk warga Cisewu sudah banyak yang mau berlangganan baso tahu ‘Kala Ider’. Sebab, selain harganya terjangkau, juga rasanya bikin ketagihan,” ujar Wahyu.

Ia menerangkan, setelah beristirahat sehari pada hari Jum’at, esoknya (Sabtu dan Minggu), jadwal baso tahu “Kala Ider” menyusuri sejumlah tempat di Kecamatan Talegong. Mulai dari Desa Sukamaju di sebelah timur, sampai Desa Selaawi di sebelah barat.

Baca Juga:   Comring Banjarwangi, Cemilan Khas Garut yang Renyah dan Murah

“Sebenarnya saya jualan baso ini sudah sejak 23 tahun lalu. Hanya selama 20 tahun jualannya belum menggunakan sepeda motor alias masih dipikul. Dan saat itu wilayah jualannya pun masih seputaran Kecamatan Cisewu,” papar Wahyu.

Pria humoris ini mengaku selain berjualan baso tahu ia juga punya profesi lain, yaitu sebagai pengepul barang rongsokan. “Lumayan lah untuk meringankan biaya hidup keluarga,” katanya. (Kang Gilang)

Komentar

Berita Terkait