oleh

Soal Pemekaran, Masyarakat Garut Selatan pun Diminta untuk Mempersiapkan Diri

GOSIPGARUT.ID — Upaya untuk menjadikan Garut Selatan sebagai daerah pemekaran memang saat ini tengah kembali ditempuh. Pemerintah Provinsi Jawa Barat pun, ternyata selain telah memerintahkan Pemkab Garut untuk melakukan persiapan guna terwujudnya pemekaran tersebut,masyarakat Garut Selatan juga telah diminta untuk mempersiapkan diri.

“Kami pun telah diminta oleh Pemprov Jabar untuk mempersiapkan diri guna terwujudnya Garut Selatan menjadi daerah otonomi baru (DOB),” kata anggota Presidium Masyarakat Garut Selatan, Dedi Kurniawan.

Ia menuturkan, terkait kajian yang akan dilakukan kembali sebagai salah satu persyaratan pembentukan kabupaten baru, bukan merupakan kajian ulang layak tidaknya dimekarkan. Namun yang dimaksud lebih pada update data, karena kajian pemekaran yang dulu dibuat tahun 2007.

Baca Juga:   Ampibi Desak Bupati Garut Evaluasi Penanganan Korban Banjir

“Melihat kondisi saat ini tentunya sudah banyak perubahan menyangkut berbagai hal di kawasan Garut Selatan yang mencakup 16 kecamatan dari mulai jumlah penduduk, fasilitas pemerintahan hingga infrastruktur jalan dan fasilitas pendukung lainnya,” ujar Dedi.

Ia menjelaskan, saat ini jumlah desa yang ada di Garut sudah mengalami pemekaran, begitupun jumlah penduduk yang juga terus bertambah. “Tak hanya itu, fasilitas pemerintahan juga banyak yang telah dibangun, infrastruktur jalan juga. Jadi nantinya semua itu di update datanya,” katanya.

Baca Juga:   Warga Bantaran Rel di Garut Ingin Bertemu Gubernur Ridwan Kamil

Dedi sendiri berharap, pemekaran Garut Selatan bisa membawa kebaikan bagi Kabupaten Garut sebagai kabupaten induk dan masyarakat Garut Selatan. Karena, pada prinsipnya pemekaran adalah upaya mendekatkan dan meningkatkan kualitas layanan pemerintah pada masyarakat.

Ia menyampaikan, upaya pemekaran Garut Selatan sendiri, dilakukan telah cukup lama. Terakhir, Garut Selatan menjadi salahsatu dari tiga calon daerah pemekaran baru yang disetujui oleh DPR-RI dan tinggal menunggu pengesahan dari presiden.

Baca Juga:   Tersebar di Medsos Nama Caleg dan Parpol yang Tak akan Lolos ke DPRD Garut

Dedi mengaku optimis jika kali ini Presiden akan menyetujui pemekaran Garut Selatan. Apalagi jika dikaitkan dengan rencana strategis pengembangan daerah di tingkat nasional, akan banyak daerah baru yang dikembangkan pemerintah pusat sebagai daerah persiapan. (PR/Yus)

Komentar