oleh

Puluhan Ribu Kertas Surat Suara Pilpres di Garut Rusak

GOSIPGARUT.ID — KPU Kabupaten Garut menyebutkan ada 38.104 surat suara untuk pemilihan presiden dan wakil presiden pada Pemilihan Umum 2019 dalam kondisi rusak saat proses penyortiran dan pelipatan sehingga harus diganti dengan yang baru. Pemilu 2019 tinggal 10 hari lagi sejak berita ini diluncurkan.

“Jumlah surat suara PPWP (pemilihan presiden wakil presiden) yang rusak 38.104 dari total yang kami terima 1.929.680,” kata Ketua KPU Kabupaten Garut, Junaidin Basri, Senin 08 April 2019.

Ia menuturkan, KPU Garut telah menerima surat suara PPWP pada 29 Maret 2019, selanjutnya dilakukan penyortiran dan pelipatan sebelum akhirnya didistribusikan ke setiap PPS.

Baca Juga:   Sorlip Surat Suara di Garut, Ditemukan 197 Lembar Rusak

Hasil penyortiran itu, kata Junaidin, terdapat surat suara yang kondisi rusak seperti warnanya pudar, robek, bolong, atau terdapat bercak sehingga dinyatakan tidak layak untuk surat suara Pemilu 2019.

“Kondisi rusaknya seperti robek, bolong, dan bercak-bercak titik hitam,” katanya.

Junaidin mengatakan, kondisi surat suara yang rusak itu sudah dipisahkan untuk segera dilaporkan ke KPU Pusat, untuk selanjutnya diganti dengan yang baru sebelum dikirim ke masing-masing PPK.

Baca Juga:   KPU Jabar Ambil Alih Tugas, Kewenangan, dan Kewajiban KPU Garut

“Yang rusaknya dipilah, dan dihitung, selanjutnya diusulkan ke Biro Logistik KPU untuk diganti,” katanya.

Terkait surat suara lainnya untuk pemilihan legislatif DPR, DPRD Jawa Barat, DPRD Kabupaten Garut dan DPD Jabar, kata Junaidin, sudah selesai tahapan penyortiran dan pelipatannya, untuk selanjutnya siap didistribusikan ke PPK.

Sementara surat suara tersebut, kata dia, belum dapat didistribusikan ke daerah, karena masih menunggu penggantian surat suara untuk PPWP yang secepatnya akan diterima KPU Garut.

Baca Juga:   KPU Garut Tetapkan 158 Lokasi Kampanye Terbuka di 41 Kecamatan

“Logistik luar kotak suara sudah didistribusikan, untuk dalam kotak suara maksimal tanggal 10 April sudah didistribusikan,” ujar Junaidin. (Ant/Yus)


Komentar

Berita Terkait