oleh

21 Ribu Warga Garut Mendaftar CPNS, Guru Paling Banyak Diminati

GOSIPGARUT.ID — Lebih dari 21 ribu warga Kabupaten Garut melamar jadi calon pegawai negeri sipil (CPNS) tahun ini. Mayoritas mereka melamar jadi guru.

“Untuk pelamar ada 21 ribuan. Tahun ini pelamar memang banyak,” ujar Sekretaris Badan Kepegawaian dan Diklat (BKD) Garut Muhlis kepada wartawan di kantornya, Jalan Pahlawan, Tarogong Kidul, Selasa (3/12/2019).

Berdasarkan informasi yang dihimpun, ada 21.703 orang yang melamar jadi CPNS sejak pertama kali pendaftaran dibuka hingga ditutup pada 27 November lalu.

Menurut Muhlis, kebanyakan pelamar mengincar posisi guru. Jumlahnya 11.892 orang, lebih dari setengah dari jumlah pelamar keseluruhan. Kemudian disusul dengan formasi tenaga teknis sebanyak 4.965 pelamar dan tenaga kesehatan sebanyak 4.846 pelamar.

Baca Juga:   Gempa Bumi Banten Guncangannya Dirasakan Kuat Oleh Warga Garut

“Kuota untuk guru jadi yang paling banyak dibuka. Peminatnya ini paling banyak,” katanya.

Muhlis menjelaskan jumlah itu naik 10 kali lipat dibanding penerimaan CPNS periode lalu. Kuota penerimaan CPNS di Garut sendiri tahun ini hanya sebanyak 838 orang saja.

Saat ini, sambung Muhlis, pihaknya tengah melakukan verifikasi data pelamar hingga 12 Desember mendatang. Setelah proses verifikasi selesai, proses tes akan dilaksanakan.

Baca Juga:   645 Warga Garut Terinfeksi HIV/AIDS, Pemerintah Rongoh Anggaran Rp1,152 Miliar

“Nanti hasilnya akan diplenokan di Panselda. Pengumuman hasil seleksi administrasi nanti dilakukan 16 Desember 2019,” pungkas Muhlis.

Tes CPNS mungkin akan dilaksanakan di Tasikmalaya. Pasalnya, Garut belum mampu melaksanakan tes karena keterbatasan sarana. (dtc/Gun)

Komentar

Berita Terkait