Kuliner

Asosiasi Kafe dan Restoran Garut Buat Program Pelestarian Makanan Khas Lokal

×

Asosiasi Kafe dan Restoran Garut Buat Program Pelestarian Makanan Khas Lokal

Sebarkan artikel ini
Salah satu pusat jajanan kuliner di Garut, Pasar Ceplak. (Foto: Istimewa)

GOSIPGARUT.ID — Pengurus Cabang Asosiasi Kafe dan Restoran (Akar) Kabupaten Garut membuat program pendorong pengembangan sekaligus pelestarian makanan khas lokal setempat.

“Program kami sesuai dengan tema kearifan lokal, yaitu mengangkat makanan tradisional,” kata Ketua Pengurus Cabang Akar Kabupaten Garut, Tika Rudiana kepada wartawan, Rabu (26/12/2018).

Ia menuturkan, Akar akan berupaya merangkul semua pelaku usaha kecil, menengah dan besar sehingga dapat memberikan kemajuan bersama untuk Kabupaten Garut.

Baca Juga:   Keripik "Tempe Kojo" Asal Garut Tembus Pasar Jepang, Korsel, dan Eropa

Jenis kuliner di Kabupaten Garut, kata Tika, sangat beranekaragam yang memiliki ciri khas dan cita rasa tersendiri, bahkan memiliki nilai jual baik di masyarakat setempat maupun wisatawan.

Kuliner dengan ciri khas kerarifan lokal Kabupaten Garut, di antaranya nasi liwet, sayur asam, dan sayur lodeh perlu dilestarikan agar dapat dinikmat masyarakat dari zaman ke zaman.

Baca Juga:   Mencari Tempat Kuliner di Cisewu? Singgahlah di Kedai Bakso dan Mie Ayam Bucin

Selain menyuguhkan menu makanan tradisional, kata dia, pelaku usaha kuliner lain juga sedang mengembangkan makanan atau masakan modern yang memiliki nilai jual dan sesuai dengan tuntutan kebutuhan masyarakat.

Tika mencontohkan, makanan kuliner modern itu seperti olahan daging ayam yang disajikan secara menarik dengan konsep tempat sesuai dengan perkembangan zaman dan bernuansa modern.

Baca Juga:   Rumah Makan Masakan Padang di Cisewu Pindah Lokasi, Sekarang Tempatnya Lebih Luas

“Di Garut banyak yang muncul seperti sekarang Pujasega, ada juga Hang Out untuk anak muda. Nanti dibuat juga kelas ekonominya, dan bisnisnya, jadi nanti merangkum semuanya,” ujarnya.

Tika berharap, seluruh pengusaha kuliner di Garut dapat bersama-sama berinovasi untuk memberikan kemajuan baru agar mendapatkan omzet yang besar.

Konten berbayar berikut adalah iklan platform Mixadvert dan MGID. Gosipgarut.id tidak terkait dengan materi konten ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *