Gaya Hidup

Tips Menyimpan Daging Kurban Agar Bertahan Lama Saat dalam Lemari Pendingin

×

Tips Menyimpan Daging Kurban Agar Bertahan Lama Saat dalam Lemari Pendingin

Sebarkan artikel ini
ILUSTRASI -- Daging kurban.

GOSIPGARUT.ID — Dokter hewan lulusan Universitas Syiah Kuala, Benny Andista, menjelaskan sejumlah tips menyimpan daging kurban dengan baik agar daging dapat bertahan lama saat disimpan dalam lemari pendingin maupun lemari pembeku.

“Bersihkan daging dengan baik dan daging tidak perlu dicuci dengan air,” kata Benny, Sabtu (8/6/2024).

Mencuci daging dengan air sebelum menyimpannya tidaklah dianjurkan karena dapat menimbulkan bakteri baru. Oleh karena itu, daging cukup dibersihkan tanpa air, lalu pisahkan daging yang akan dimasak dan yang akan disimpan dalam lemari pendingin.

Baca Juga:   Tersangka Iwa Karniwa: Saya akan Kooperatif dan Bantu KPK

Setelah itu, kemas daging ke dalam wadah yang bersih dan dapat ditutup rapat. Hal ini untuk mencegah kelembapan berlebih pada daging dan kontaminasi dari bakteri yang merugikan.

Setelah dikemas dalam wadah tertutup, tempatkan daging ke dalam chiller (lemari pendingin khusus) terlebih dahulu selama kurang lebih 2 – 4 jam. Setelah itu, pindahkan daging ke freezer (lemari pembeku) agar struktur daging tidak rusak.

Baca Juga:   Dikepung Barbershop, Kenapa Tukang Cukur Asgar Masih Bertahan?

Lebih lanjut, dokter yang kini berpraktik di Klinik Hewan Andista Care itu mengatakan ada perbedaan masa ketahanan daging jika disimpan dalam chiller maupun freezer. Biasanya, daging sapi mentah yang disimpan dalam chiller dapat bertahan selama 3 – 5 hari.

“Dalam freezer, daging sapi mentah bisa bertahan selama 4 – 6 bulan,” kata Benny.

Untuk daging kambing mentah, biasanya daging yang disimpan dalam chiller akan bertahan selama 3 – 5 hari. Sedangkan daging kambing mentah yang disimpan dalam freezer dapat bertahan selama 6 – 9 bulan. (Ant)

Konten berbayar berikut adalah iklan platform Mixadvert dan MGID. Gosipgarut.id tidak terkait dengan materi konten ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *