Berita

Kerjasama Global, Radio Komunitas RASI FM Cisewu Garut Berbagi Pengalaman di Nepal

×

Kerjasama Global, Radio Komunitas RASI FM Cisewu Garut Berbagi Pengalaman di Nepal

Sebarkan artikel ini
Latif Rochyana salah satu peserta dari Kabupaten Garut dalam pelatihan peningkatan kapasitas pengelola radio, yang dilaksanakan oleh AMARC atau Asosiasi Radio Komunitas Asia-Pasiifik dengan JRKI di Kathmandu, Nepal, Senin (13/05/2024). (Foto: Latief Rochyana/Radio Komunitas RASI FM Cisewu)

GOSIPGARUT.ID — Radio Komunitas RASI FM Cisewu, yang berbasis di Kabupaten Garut telah menjadi bagian integral dari upaya global untuk meningkatkan kapasitas pengelola radio di tengah-tengah pandemi yang berkepanjangan.

Radio tersebut mengambil bagian dalam pelatihan yang diselenggarakan oleh Association of Community Radio Broadcasters (AMARC) Asia-Pasifik dan Jaringan Radio Komunitas Indonesia (JRKI), di Kathmandu, Nepal, pada Senin (13/05/2024).

Pelatihan ini merupakan langkah lanjutan dari kerja sama tahunan antara AMARC dan JRKI, dengan tujuan memperkuat jaringan pemimpin radio komunitas di berbagai negara Asia-Pasifik. Latief Rochyana, Pimpinan Umum Radio Komunitas RASI FM Cisewu, menjadi salah satu peserta yang bersemangat dalam memperoleh pengetahuan dan keterampilan baru dalam manajemen radio komunitas.

Baca Juga:   Garut Percepat Pemutakhiran Data untuk Pembentukan DOB Garsel

Menurut Latief, pelatihan ini tidak hanya bertujuan untuk mendukung pemulihan ekonomi pasca pandemi Covid-19, tetapi juga untuk mengatasi masalah kemiskinan yang meluas di masyarakat.

“Kami percaya bahwa dengan membangun kerjasama global di antara pemimpin radio komunitas, kami dapat menciptakan dampak yang signifikan dalam mengurangi kemiskinan,” kata dia.

Selain itu, pelatihan ini juga menyoroti pentingnya peran perempuan dalam pembangunan masyarakat. Latief menjelaskan bahwa keterlibatan perempuan dalam radio komunitas dapat memberikan kontribusi positif dalam berbagai aspek pembangunan, termasuk pendidikan, kesehatan, dan pemberdayaan ekonomi.

Baca Juga:   Pembangunan Stadion RAA Adiwijaya Garut Hampir Rampung, Menelan Dana Rp17,5 Miliar

“Kami sangat sadar akan pentingnya memperkuat peran perempuan dalam pembangunan masyarakat. Oleh karena itu, salah satu fokus utama pelatihan ini adalah untuk mempromosikan partisipasi aktif perempuan dalam pengelolaan radio komunitas,” ujar Latief.

Konten berbayar berikut adalah iklan platform Mixadvert dan MGID. Gosipgarut.id tidak terkait dengan materi konten ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *