Berita

Tinjau Lokasi Longsor Banjarwangi, Sekda Garut Sampaikan Dukacita untuk Korban Meninggal Dunia

×

Tinjau Lokasi Longsor Banjarwangi, Sekda Garut Sampaikan Dukacita untuk Korban Meninggal Dunia

Sebarkan artikel ini
Sekda Kabupaten Garut, Nurdin Yana, meninjau lokasi bencana longsor di Kampung Sirnagalih, Desa Talagajaya, Kecamatan Banjarwangi, Kabupaten Garut, Jum'at (26/04/2024). (Foto: Deni Seftiana)

GOSIPGARUT.ID — Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Garut, Nurdin Yana, meninjau lokasi bencana longsor di Kampung Sirnagalih, Desa Talagajaya, Kecamatan Banjarwangi, Kabupaten Garut, Jum’at (26/04/2024).

Atas nama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut, ia menyampaikan turut berdukacita atas kejadian bencana yang terjadi di Kampung Sirnagalih, Desa Talagajaya, Kecamatan Banjarwangi. Nurdin meyakini masyarakat akan mampu mengatasi cobaan ini.

Ia pun turut berbelasungkawa atas meninggalnya tiga warga akibat bencana tersebut. Nurdin mendoakan almarhum-almarhumah meninggal dunia dalam keadaan husnul khatimah dan diterima oleh Allah SWT.

Baca Juga:   Alhamdulillah, Seorang Pasien Positif Covid-19 di Garut Dinyatakan Sembuh

Sekda menyampaikan, longsoran diduga diakibatkan adanya pergerakan tanah di area atas di lokasi kejadian akibat intensitas hujan yang cukup tinggi. Pihaknya kini sedang menunggu hasil kajian dari Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) terkait kelayakan lokasi kejadian.

Menurutnya, ada sekitar 16 rumah yang memang terancam. Jika dianggap tidak layak ditempati, maka mau tidak mau harus dilakukan relokasi agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Baca Juga:   Sekda Zat Zat Buka Bimtek Penyusunan Peta Proses Bisnis Pemkab Garut

Atas hal tersebut, Nurdin meminta kepada kepala desa untuk mencari lokasi relokasi yang aman.

“Oleh sebab itu biar nanti pengecekannya langsung, maka alternatif solusi lokasi yang akan kita (jadikan) relokasi itu tahu persis sudah di mana sehingga nanti akan (sekalian) dicek (dan) dipantau oleh teman-teman dari PVMBG,” ucapnya.

Nurdin mengingatkan kepada masyarakat untuk senantiasa waspada dan berhati-hati, karena Kabupaten Garut merupakan daerah yang memiliki potensi bencana yang cukup tinggi, khususnya di wilayah selatan yang kondisinya relatif tidak datar sehingga dimungkinkan terjadinya bencana longsor.

Konten berbayar berikut adalah iklan platform Mixadvert dan MGID. Gosipgarut.id tidak terkait dengan materi konten ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *