Berita

Garut Gencar Tertibkan Parkir Liar dan PKL Selama Ramadan, untuk Penataan Kota dan Kenyamanan Masyarakat?

×

Garut Gencar Tertibkan Parkir Liar dan PKL Selama Ramadan, untuk Penataan Kota dan Kenyamanan Masyarakat?

Sebarkan artikel ini
Suasana terkini di sepanjang Jalan Ahmad Yani, Kecamatan Garut Kota, Selasa (9/4/2024). (Foto: M. Azi Zulhakim)

GOSIPGARUT.ID — Selama bulan Ramadan 1445 Hijriah, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut, melalui Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) bersama unsur TNI Polri, gencar melakukan penertiban parkir liar dan pedagang kaki lima (PKL) di wilayah perkotaan Garut. Langkah ini dilakukan untuk memberikan kenyamanan kepada masyarakat dalam mengakses jalan dan trotoar selama bulan Ramadan.

Menurut Sekretaris Daerah (Sekda) Nurdin Yana, penertiban ini sesuai dengan Maklumat Kepatuhan Masyarakat yang diterbitkan oleh Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Garut. Ini juga sebagai implementasi dari Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 41 Tahun 2012 tentang Pedoman Penataan dan Pemberdayaan PKL.

“Pemkab Garut melakukan penataan kawasan Jalan Ahmad Yani, Kecamatan Garut Kota (khususnya), menertibkan dan pengawasan PKL,” kata Nurdin Yana, Selasa (9/4/2024).

Baca Juga:   Tagana Garut Menggalang Dana untuk Bantu Korban Banjir Jabodetabek

Ia menegaskan bahwa kebijakan ini bukan untuk melarang PKL berdagang, melainkan untuk menegakkan peraturan yang ada dan memberikan alternatif tempat bagi PKL yang tidak mengganggu lalu lintas maupun ketertiban umum.

Dalam implementasinya pun, tambah Nurdin, Pemkab bersama Forkopimda Garut, tak hanya sekadar menertibkan saja, melainkan juga menyiapkan beberapa opsi tempat yang bisa digunakan oleh para PKL

Baca Juga:   Lapangan Kerja di Garut Minim, Angka Pengangguran Cukup Tinggi

Ia menegaskan bahwa kebijakan ini bukan keputusan individual atau keputusan Penjabat (Pj) Bupati Garut saja, melainkan hasil musyawarah Forkopimda termasuk di dalamnya terdapat unsur kepolisian, TNI, Kejaksaan, Pengadilan Negeri, hingga unsur tokoh masyarakat dalam hal ini Majelis Ulama Indonesia (MUI).

Konten berbayar berikut adalah iklan platform Mixadvert dan MGID. Gosipgarut.id tidak terkait dengan materi konten ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *