Berita

Kondisi Cuacanya yang Bagus, Cigedug Mampu Hasilkan Bawang Merah Batu Cukup Melimpah

×

Kondisi Cuacanya yang Bagus, Cigedug Mampu Hasilkan Bawang Merah Batu Cukup Melimpah

Sebarkan artikel ini
Pelaksanaan panen raya bawang merah batu Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Sari Sejahtera, Desa Sindangsari, Kecamatan Cigedug, Kabupaten Garut, Rabu (21/2/2024). (Foto: Moch Ahdiansyah)

GOSIPGARUT.ID — Penjabat (Pj) Bupati Barnas Adjidin mengatakan bahwa kondisi cuaca dan udara di Kecamatan Cigedug, Kabupaten Garut, sangat bagus sehingga semua tanaman bisa ditanam di sini. Pada Rabu (21/2/2024) kemarin membuktikan bahwa bawang merupakan salah satu komoditas yang bisa ditanam di sini.

“Kita lihat hasilnya juga bagus,” kata dia saat Panen Raya Bawang Merah Batu yang digelar Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Sari Sejahtera, Desa Sindangsari, Kecamatan Cigedug, Kabupaten Garut, Rabu (21/2/2024).

Barnas menuturkan bawang merah merupakan komoditas yang dibutuhkan oleh masyarakat untuk kebutuhan bumbu masak yang tentunya memiliki pasar luas, minimal bisa memenuhi kebutuhan pasar lokal di Kecamatan Cigedug.

Baca Juga:   Tim Penggerak PKK Cigedug Dikukuhkan, Ini Harapan Camat Yeni Damayanti

Petani yang saat ini menanam komoditas bawang merah batu itu, kata dia, sudah cukup tepat dan ke depan bisa membantu memenuhi kebutuhan pasar di kecamatan lain di Garut.

“Sudah tepatlah bahwa di kecamatan ini bisa memasok minimal untuk Kecamatan Cigedug itu sendiri, dan diharapkan bisa memasok juga ke kecamatan-kecamatan lain, termasuk di pasar Garut,” ujar Barnas.

Baca Juga:   Kecamatan Cigedug Deklarasikan Sekolah Ramah Anak dan Antiperundungan

Ia mengatakan produktivitas bawang merah di Cigedug itu juga dapat membantu memasok kebutuhan pasar yang diperkirakan akan terjadi peningkatan saat menjelang Ramadhan maupun Hari Raya Lebaran nanti.

“Kita menghadapi puasa besok itu pasti harga-harga bahan pokok sayur itu pasti meningkat, termasuk beras, bawang, cabai itu tidak bisa dihindarkan, karena pada saat itu orang akan lebih melakukan aktivitas untuk sahur, dan untuk buka (puasa),” tutur Barnas.

Baca Juga:   Dua Kades di Cigedug Berganti, Ketua Tim Penggerak PKK pun Alami Nasib Serupa
Konten berbayar berikut adalah iklan platform Mixadvert dan MGID. Gosipgarut.id tidak terkait dengan materi konten ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *