Politik

KPU Garut Kerahkan 2.007 Petugas untuk Sorlip 10 Juta Lembar Surat Suara Pemilu

×

KPU Garut Kerahkan 2.007 Petugas untuk Sorlip 10 Juta Lembar Surat Suara Pemilu

Sebarkan artikel ini
Pelaksanaan sorlip surat suara Pemilu 2024 yang dilaksanakan di Raja Plaza, Jalan Guntur Indah, Kabupaten Garut, Kamis (04/01/2024). (Foto: M. Azi Zulhakim)

GOSIPGARUT.ID — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Garut mengerahkan sebanyak 2.007 petugas untuk melakukan pekerjaan menyortir dan melipat (sorlip) lebih dari 10 juta surat suara. Surat suara ini mencakup Pemilihan Presiden (Pilpres), Pemilihan Legislatif (Pileg) untuk DPR RI, DPRD Provinsi Jawa Barat, DPRD Kabupaten Garut, serta Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI.

Pelaksanaan sorlip ini berlangsung di Raja Plaza, Jalan Guntur Endah, Kabupaten Garut, pada Kamis (4/1/2024). Sekretaris Daerah Kabupaten Garut, Nurdin Yana, turut hadir langsung memantau proses pembukaan sorlip tersebut, di mana tahapan ini sangat krusial dalam menunjang kesuksesan Pemilu yang akan berlangsung pada 14 Februari 2024.

Nurdin menyebutkan, jika sorlip ini merupakan salah satu tahapan krusial terkait dengan Pilpres dan Pileg yang akan dilaksanakan pada 14 Februari 2024 mendatang. “Inilah tahap awal yang memang sangat menentukan keberhasilan proses pelaksanaan Pemilu,” ujarnya.

Baca Juga:   Petugas Sortir Surat Suara Mengundurkan Diri, KPU Garut: Itu Tak Mengganggu

Nurdin juga mengingatkan petugas untuk berhati-hati dan serius dalam tugas mereka, serta berkonsultasi dengan pengawas apabila menemukan kecacatan pada surat suara.

“Sehingga insya Allah dengan demikian akan terjaga terkait dengan kualitas dari surat suara itu, baik surat suara Presiden, pemilihan untuk DPD, DPR RI, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten,” ucapnya.

Baca Juga:   Survei SMRC: Ridwan Kamil Peroleh Elektabilitas Tertinggi untuk Calon Gubernur Jabar

Sementara itu, Ketua KPU Kabupaten Garut, Junaidin Basri, menjelaskan bahwa petugas sorlip terbagi dalam dua shift kerja, masing-masing berdurasi 8 jam. KPU juga menyiapkan 100 pengawas internal untuk menjamin kualitas lipatan surat suara.

Konten berbayar berikut adalah iklan platform Mixadvert dan MGID. Gosipgarut.id tidak terkait dengan materi konten ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *