Budaya

Bikin Bangga, Generasi Muda di Cigedug Garut Masih Lestarikan Seni Calung

×

Bikin Bangga, Generasi Muda di Cigedug Garut Masih Lestarikan Seni Calung

Sebarkan artikel ini
Generasi muda di Kecamatan Cigedug, Kabupaten Garut, masih melestarikan seni calung. (Foto: Istimewa)

GOSIPGARUT.ID — Pelestarian budaya Sunda oleh warga Kecamatan Cigedug melalui pengembangan seni calung Garut, mendapat apresiasi dari pengurus Paguyuban Seni Calung Garut (PSCG).

Pada saat seni budaya kasundaan mulai tergeser oleh seni modern, warga Kecamatan Cigedug masih aktif dengan seni budaya kasundaan. Salah satunya calung. Uniknya lagi, seni calung di Kecamatan Cigedug bukan saja diminati oleh orang-orang berusia lanjut, tetapi juga oleh anak-anak muda, ibu-ibu bahkan usia sekolah.

Inilah yang membuat Ketua PSCG, Enday Kusnandar bersama pengurus mengunjungi pelaku seni calung Garut yang ada di Kecamatan Cigedug pada Jumat (14 Juli 2023). Kunjungan itu dalam rangka pembinaan kepada pelaku seni calung Garut di Cigedug berupa wawasan seni kasundaan termasuk cara memainkan calung yang benar.

Baca Juga:   Tim Penggerak PKK Cigedug Dikukuhkan, Ini Harapan Camat Yeni Damayanti

Pada kesempatan tersebut, para seniman calung Cigedug unjuk gigi di hadapan Abah Enday untuk kemudian diberikan evaluasi dan pengarahan. Abah Enday juga melakukan pengukuhan terhadap kepengurusan PSCG Kecamatan Cigedug yang dipimpin oleh Empon Wiwin dari Group Calung Lugay Katineung Desa Sukahurip.

Abah Enday mengaku terharu sekaligus bangga karena masyarakat di tiga dari lima desa yang ada di Kecamatan Cigedug, menghidupkan seni calung Garut dengan latihan rutin bahkan melibatkan para siswa baik SD, SMP, dan SMA.

Baca Juga:   Covid-19 Masih Menggila, MPLS Siswa Baru di SDN 1 Cisewu Akan Digelar Virtual

“Kita sebagai masyarakat Sunda yang berada di Garut tentu memiliki tanggung jawab besar untuk memelihara seni Sunda, khususnya seni calung yang merupakan jatidiri masyarakat Jawa Barat termasuk masyarakat Garut,” kata dia.

Konten berbayar berikut adalah iklan platform Mixadvert dan MGID. Gosipgarut.id tidak terkait dengan materi konten ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *