Politik

Bawaslu Akan Panggil Bacaleg Nasdem yang Sawer Uang di Kantor KPU Garut

×

Bawaslu Akan Panggil Bacaleg Nasdem yang Sawer Uang di Kantor KPU Garut

Sebarkan artikel ini
Aksi bagi-bagi uang saat pendaftaran bacaleg Partai Nasdem Garut, Kamis (11/5/2023).

GOSIPGARUT.ID — Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Garut mengaku akan melakukan pemanggilan untuk klarifikasi terkait aksi sawer uang oleh kader sekaligus bakal calon legislatif (bacaleg) dan Ketua Nasdem Garut usai pengajuan bacaleg di Kantor KPU Garut.

“Kita akan melakukan kajian awal dan juga mengundang untuk klarifikasi,” kata Komisioner Bawaslu Kabupaten Garut Asep Burhanuddin kepada wartawan, Sabtu (13/5/2023).

Ia menuturkan peristiwa membagi-bagikan uang di lingkungan Kantor KPU Garut telah menjadi perhatian Bawaslu Garut untuk menindaklanjutinya.

Baca Juga:   Bawaslu Garut Sebar Tim Patroli Pencegahan Politik Uang

Bawaslu Garut, kata Asep, langkah awal mengumpulkan keterangan dan bukti-bukti di lapangan, kemudian melakukan klarifikasi kepada pimpinan partai, dan juga orang yang terlibat dalam aksi sawer uang itu.

“Diundang klarifikasi seperti apa, nanti hasil dari klarifikasi pimpinan partai dan orang yang ada di peristiwa itu, kemungkinan pimpinan partai dulu kemudian yang lainnya,” katanya.

Baca Juga:   Garut Butuhkan 40.747 Kotak Suara, Kini Masih Kekurangan 887 Buah

Asep mengungkapkan untuk sementara Bawaslu Garut belum bisa mengungkapkan bentuk pelanggaran maupun aturan yang mengatur tentang bagi-bagi uang dalam kegiatan pendaftaran bacaleg di Kantor KPU Garut.

“Hasil rapat pleno setelah undangan klarifikasi seperti apa baru diungkapkan ke media,” ujar dia.

Sekretaris DPD Partai Nasdem Kabupaten Garut Kokon Darmawan menyatakan, pihaknya siap memenuhi panggilan Bawaslu Garut untuk mengklarifikasi masalah kebaikan bagi-bagi atau sawer uang di halaman Kantor KPU Garut.

Baca Juga:   Rekrut Kader Baru, PKS Garut Gelar Training Orientasi Partai

“Jika Bawaslu memerlukan klarifikasi, kami DPD Nasdem Kabupaten Garut siap untuk memberikan klarifikasi, dan siap mengikuti prosesnya jika memang ada pelanggaran yang ditemukan,” katanya.

Konten berbayar berikut adalah iklan platform Mixadvert dan MGID. Gosipgarut.id tidak terkait dengan materi konten ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *