Berita

Helmi Budiman Setuju Jika Domba Garut Dikawinkan dengan Domba Australia, Kenapa?

×

Helmi Budiman Setuju Jika Domba Garut Dikawinkan dengan Domba Australia, Kenapa?

Sebarkan artikel ini
Pelaksanaan Kontes Domba Garut di Pamindangan Anugrah Lembah Gunung Guntur, Desa Pasawahan, Kecamatan Tarogong Kaler, Kabupaten Garut, Kamis (9/3/2023). (Foto: Yogi Budiman)

GOSIPGARUT.ID — Wakil Bupati Garut Helmi Budiman setuju jika domba Garut dikawinkan dengan domba Australia, supaya domba yang dihasilkan dapat memiliki pertumbuhan yang cepat dan juga anak yang banyak.

“Domba Garut anaknya banyak tapi tumbuhnya tidak secepat domba Australia. Kalau domba Australia tumbuhnya cepat tapi anaknya cuma satu. Dikawinkan luar biasa anaknya banyak, tumbuhnya cepat. Dan itu tentu merupakan kelebihan atau keunggulan yang harus kita miliki,” ujar dia saat membuka kontes domba Garut di Pamindangan Anugrah Lembah Gunung Guntur, Desa Pasawahan, Kecamatan Tarogong Kaler, Kabupaten Garut, Kamis (9/3/2023).

Helmi pun meminta kepada Dinas Perikanan dan Peternakan (Diskanak) Garut untuk terus meningkatkan pembibitan domba Garut khususnya domba pedaging, agar ketersediaan domba Garut akan tersedia dan melimpah.

Baca Juga:   Jelang Idul Adha, Harga Jual Sapi di Garut Paling Murah Rp20 Juta

Menurut dia, domba pedaging harus dapat terus dikembangkan, sehingga para peternak dapat memiliki keuntungan dan masyarakat bisa mendapatkan daging khas domba Garut.

“Karena kalau pembibitan kita tidak kita tingkatkan, maka domba kita akan habis, habis disembelih, dan tentu sekali lagi ini merupakan upaya yang harus dilakukan terutama oleh jajaran Dinas Peternakan bagaimana caranya agar ketersediaan domba kita melimpah,” kata Helmi.

Baca Juga:   KA Relasi Pasar Senen -- Garut Segera Beroperasi, Kamojang Atau Cikuray Ekspres?

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut melalui Diskanak Garut bekerja sama dengan Himpunan Peternak Domba Kambing Indonesia (HPDKI) Garut menggelar kontes domba Garut sebagai salah satu rangkaian acara perayaan Hari Jadi ke-210 Kabupaten Garut.

Konten berbayar berikut adalah iklan platform Mixadvert dan MGID. Gosipgarut.id tidak terkait dengan materi konten ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *