Wisata

Lama Kunjungan Minim, Garut Hanya Jadi Tujuan Wisata Pelancong Lokal

×

Lama Kunjungan Minim, Garut Hanya Jadi Tujuan Wisata Pelancong Lokal

Sebarkan artikel ini
Muara Ciawi, objek wisata pantai di Garut Selatan yang dipadukan dengan hutan sejuk. (Foto: Galih Pawarti)

GOSIPGARUT.ID — Kepala Bidang Pemasaran Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Garut Bambang Heri Susanto mengatakan, sejauh ini Garut hanya menjadi tujuan wisata pelancong lokal lantaran lama kunjungan wisatawan hanya 1,5 hari.

Minimnya lama kunjungan wisatawan itu pun sejalan dengan pelancong yang didominasi wisatawan lokal. Padahal, Garut diakuinya memiliki banyak obyek wisata dengan beragam pilihan segmentasi. Mulai wisata bagi keluarga, wisata alam, wisata religi, hingga wisata minat khusus.

Bambang menyebutkan, beragamnya jenis wisata yang disuguhkan itu diharapkan, wisata di Kabupaten Garut bisa menjadi lokomotif yang mendorong tumbuh berkembangnya sektor-sektor ekonomi lainnya di Garut.

Baca Juga:   Abaikan Prokes, Objek Wisata Batukaras Pangandaran Ditutup Mulai Minggu

“Lama kunjungan wisatawan di Garut itu baru satu setengah hari. Rata-rata mereka datang pada hari Sabtu, dan kembali pada hari Minggu,” kata dia.

Menurut Bambang, ada sejumlah faktor hingga lama kunjungan wisatawan di Garut belum begitu lama, baru mencapai satu setengah hari. Antara lain kondisi infrastruktur yang belum memadai. Padahal banyak lokasi yang memiliki daya tarik wisata di Garut letaknya cukup jauh, terutama yang ada di pedesaan. Akomodasi perhotelan terutama di wilayah selatan masih kurang.

Baca Juga:   Kentungan dan Shalawat Sambut Kedatangan Sandiaga Uno di Desa Wisata Saung Ciburial

“Di Garut juga, belum ada even-even yang rutin diagendakan. Kapan pementasan sesuatu kesenian digelar misalnya. Apakah setiap akhir pekan atau tanggal berapa. Sehingga orang dengan sendirinya sudah tahu, kalau mau nonton suatu pagelaran itu kapan harus datang,” ujarnya.

Bambang menyebutkan, segmen pasar wisatawan di Garut sendiri masih wisatawan lokal. Terutama dari kota-kota besar seperti Jakarta, Bogor, Tangerang, dan Bekasi, serta sekitar wilayah Priangan Timur seperti Tasikmalaya dan Ciamis. Sedangkan, wisatawan mancanegara masih sangat sedikit.

Baca Juga:   Untuk Menambah Daya Tarik, Akan Dibangun Menara Pandang di Situ Cangkuang
Konten berbayar berikut adalah iklan platform Mixadvert dan MGID. Gosipgarut.id tidak terkait dengan materi konten ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *