Jawa Barat

BMKG Catat 1.290 Kali Gempa Bumi di Jabar pada 2022, Empat Gempa Merusak

×

BMKG Catat 1.290 Kali Gempa Bumi di Jabar pada 2022, Empat Gempa Merusak

Sebarkan artikel ini
Gempa. (Foto: Ilustrasi)

GOSIPGARUT.ID — Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat kejadian gempa bumi di Jawa Barat sepanjang tahun 2022 sebanyak 1.290 kali. Setengahnya terjadi di darat akibat aktivitas sesar lokal.

Kepala BMKG Stasiun Bandung Teguh Rahayu menyatakan, berdasarkan peta distribusi episenter gempa bumi, sebanyak 540 kejadian gempa bumi terjadi di laut dan tersebar di selatan Pulau Jawa, sebagai akibat dari aktivitas sesar aktif dasar laut.

“47 kejadian gempa bumi lainnya juga terjadi di laut, namun diakibatkan oleh adanya subduksi pertemuan lempeng tektonik Indo-Australia dan Eurasia,” jelas dia.

Baca Juga:   BMKG: Wisatawan di Pantai Selatan Jawa Agar Waspadai Gelombang Tinggi

Selain itu, BMKG mencatat 640 gempa bumi terjadi di darat dengan kedalaman dangkal sebagai aktivitas sesar lokal. Gempa ini mayoritas terjadi Cianjur pasca gempa merusak beberapa waktu lalu.

Kemudian 63 gempa bumi lainnya terjadi juga di darat namun diakibatkan adanya aktivitas dalam lempeng tektonik Indo-Australia.

Menurut Teguh, kejadian gempa bumi terjadi dengan kedalaman yang bervariasi pada rentang 1 hingga 370 kilometer (km) dengan rincian 1180 kejadian gempa bumi dangkal (<60 km), 109 kejadian gempa bumi menengah (60-300 km) dan 1 kejadian gempa bumi dalam (>300 km).

Baca Juga:   BMKG Peringatkan Cuaca Jabar Dua Hari Kedepan Waspada dan Siaga

Sedangkan untuk magnitudo gempa bumi terbesar yang tercatat adalah 6.4 dan magnitudo terkecil yang tercatat adalah 1.0.

“Sepanjang periode 2022 terdapat 106 kali gempa bumi yang dirasakan, di antaranya terdapat empat gempa bumi merusak,” jelas dia.

Kejadian gempa bumi merusak yang terjadi di wilayah Jawa Barat dalam periode tahun 2022 yaitu Gempa Sukabumi-Bayah pada tanggal 09 Oktober 2022 dengan magnitudo 5.5 dan kedalaman 12 km.

Konten berbayar berikut adalah iklan platform Mixadvert dan MGID. Gosipgarut.id tidak terkait dengan materi konten ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *