Berita

Dampak Gempa Bumi Sumedang, Menteri PUPR: Tol Cisumdawu Aman

×

Dampak Gempa Bumi Sumedang, Menteri PUPR: Tol Cisumdawu Aman

Sebarkan artikel ini
Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono pastikan tak ada retak akibat gempa di terowongan kembar Tol Cisumdawu. (Foto: Kementerian PUPR)

GOSIPGARUT.ID — Gempa bumi yang melanda Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, pada 31 Desember 2023 lalu telah membuat sejumlah bangunan mengalami kerusakan.¬†Salah satu yang dikabarkan retak adalah terowongan kembar yang terdapat di Tol Cisumdawu.

Terkait hal tersebut, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menyebut, tak ada keretakan pada terowongan kembar Tol Cisumdawu.

“Itu bukan retak, melainkan pembangunannya terdiri atas sambungan- sambungan di setiap sengmen-nya,” kata Basuki dalam siaran pers, Senin (1/1/2024).

Baca Juga:   Kapolres Garut Imbau Siswa Tidak Terprovokasi Ikut Demonstrasi

“Itu lantaran adanya gempa, jadi orang banyak fokus melihat itu. Kalau tidak ada gempa orang mungkin tidak memperhatikan itu. Tapi kami tidak lengah, begitu ada informasi dari pihak Pemerintah Provinai Jabar, semuanya aman untuk dilalui,” ujar pak Bas, panggilan akrab Menteri PUPR itu.

Di lain kesempatan, Dirjen Bina Marga Kementerian PUPR, Hedy Rahadian mengungkapkan hal yang sama.

Baca Juga:   Gempa Bumi Landa Sukabumi Dirasakan di Delapan Wilayah, Termasuk Garut Selatan

“Memang kalau terowongan yang paling kritis itu bagian portalnya, mulutnya. Tetapi, begitu viral-nya ada keretakan, kami langsung melakukan pengecekan keretakan yang dimaksud ternyata itu hanya akumulasi debu-debu yang terbang dan ngumpul, karena di-joint jembatan tidak terlalu rata,” papar dia.

Meski demikian, kata Hedy, pihaknya akan melakukan pemeriksaan lebih lanjut untuk lebih memastikan keamanan terowongan.

Baca Juga:   Seorang Dukun Palsu yang Diduga Membunuh Dua Warga Garut Ditangkap Polisi

“Kami sekarang sedang selidiki lebih lanjut, apakah ada keretakan yang berbahaya atau tidak. Nanti kami laporkan kalau sudah ada hasilnya,” ungkapnya. (Tommy Riyaldi)

Konten berbayar berikut adalah iklan platform Mixadvert dan MGID. Gosipgarut.id tidak terkait dengan materi konten ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *