oleh

Di Tiga Daerah Ini Sejumlah Advokat Beri Layanan Hukum Gratis untuk Warga Tak Mampu

GOSIPGARUT.ID — Sejumlah advokat di wilayah Bandung berkomitmen memberikan pendampingan hukum secara gratis bagi warga tak mampu. Masyarakat diminta tak khawatir bila terjerat persoalan hukum.

Sejumlah Advokat tersebut tergabung dalam Ikatan Advokat Indonesia (Ikadin) Bale Bandung. Mereka mengaku bakal mengabdi kepada masyarakat tak mampu di tiga daerah yang mencakup Kabupaten Bandung, Kabupaten Bandung Barat, dan Kota Cimahi.

“Tujuan organisasi advokat kan tujuan pengabdian ke masyarakat. Kita memberikan pelayanan itu juga untuk memberikan penyadaran kepada masyarakat tentang hukum. Sekarang bukan lagi zamannya siapa punya duit dia yang kuat, tapi sekarang zamannya sama rata dan sama lah di hadapan hukum,” ucap Ketua DPC Ikadin Bale Bandung Made Rediyudana, Minggu (19/9/2021).

Baca Juga:   Berkas Kasus Pencabulan Oknum Kades Dilimpahkan ke Kejari Garut

Salah satu cara memberikan pelayanan gratis kepada masyarakat tak mampu ini lewat program berbasis IT. Ikadin Bale Bandung membuat aplikasi bernama “Akang Desa” yang dapat diunduh di ponsel.

Lewat aplikasi itu, masyarakat bisa melakukan konsultasi bahkan mengajukan bantuan hukum. Bagi masyarakat tak mampu, pelayanan akan diberikan secara gratis.

“Dia juga pelayanan hukum, dia juga ada bantuan hukum syaratnya kalau ada yang tidak mampu menunjukkan SKTM atau keterangan tidak mampu dari desa. Sama sih. Tapi banyak konsultasi gratis juga,” tutur dia.

Baca Juga:   Gelapkan Raskin Selama Tiga Tahun, Mantan Kades Mekarsari Ditahan Kejari Garut

Komitmen ini juga sekaligus komitmen Ikadin Bale Bandung yang baru menginjak usia yang ke dua tahun. Meski masih seumur jagung, Made mengatakan pihaknya akan tetap memberikan pelayanan dan pengabdian kepada masyarakat.

“Kita ingin memberikan kontribusi. Kita ada tim, silakan nanti tim konsultasi mau dari hukum keluarga, pidana hingga perdata akan dijawab oleh teman-teman Ikadin Bale Bandung. Dipastikan gratis bagi masyarakat tak mampu,” ujarnya. (dtc)

Baca Juga:   Usai Diperiksa Polisi, Vanessa Angel Langsung Ditahan

Komentar