oleh

Pemprov Jabar Akan Buka Ribuan Formasi PPPK dan CPNS, Kebanyakan untuk Guru

GOSIPGARUT.ID — Pemprov Jabar akan membuka pendaftaran untuk 500-an formasi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan 16 ribuan formasi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) tahun ini. Khusus untuk formasi PPPK, seluruhnya untuk profesi guru.

Kepala Bidang Pengadaan, Pemberhentian dan Formasi Kepegawaian pada Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Jabar Hermin Wijaya mengatakan, saat ini pihaknya tengah menunggu petunjuk teknis dari Kemenpan-RB terkait tahapan dan proses seleksi.

“Kalau untuk formasi kita sudah ada penetapan dari sana, tapi yang jelas tahun ini agak lumayan banyak itu untuk pegawai PPPK. Kan kalau ASN itu ada PNS dan PPPK. PPPK untuk guru itu sekitar 16 ribuan. Untuk guru saja SMA/SMK/SLB sederajat,” ujar dia kepada wartawan, Rabu (19/5/2021).

Hermin mengatakan, peserta seleksi PPPK akan diberikan kesempatan tiga kali tes, andaikata pada kesempatan pertama dan kedua tidak lolos ujian. “Yang PPPK itu biasanya untuk guru honorer yang terdaftar pada Dapodik Disdik,” ucapnya.

Baca Juga:   Hibah Bus Wisata untuk 13 Kabupaten/Kota, Salah Satunya Garut

Sementara itu, untuk 500-an formasi CPNS mayoritas akan diperuntukkan untuk tenaga kesehatan seperti perawat dan dokter. Dia menjelaskan untuk tenaga kesehatan ini akan dijatah sebanyak 200 formasi.

“Sisanya tenaga teknis yang akan disesuaikan dengan kebutuhan perangkat daerah yang ada di Pemprov Jabar,” ujar Hermin.

Bagi warga yang tertarik untuk mendaftar, ia mengimbau agar bisa mempersiapkan dokumen sebagai syarat administrasi seperti SKCK. “Tentunya belajar juga soal-soal tes CPNS, nah kemudian walau banyak informasi di WA tanggal sekian dibuka, selama sumbernya tidak jelas jangan dipercaya dulu,” tutur Hermin.

Baca Juga:   Benahi Situ Bagendit, Pemprov Jabar Siapkan Dana Sebesar Rp 30 Miliar

“Intinya, pantengin saja informasi di BKD, ada IG-nya, ada podcast-nya, nanti di website juga ada,” lanjutnya. (dtc)

Komentar

Berita Terkait