Berita

Pakta Integritas Penanganan Covid-19 di “Cluster Changsin”, Hasanuddin: Itu Tidak Tepat

×

Pakta Integritas Penanganan Covid-19 di “Cluster Changsin”, Hasanuddin: Itu Tidak Tepat

Sebarkan artikel ini
Hasanuddin. (Foto: Istimewa)

GOSIPGARUT.ID — Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 yang juga Bupati Garut, Rudy Gunawan, melakukan penandatanganan pakta intregitas dengan PT. Changsin Reksa Jaya sebagai upaya memutus penyebaran Covid-19 di perusahaan yang memperkerjakan karyawan cukup banyak itu, Selasa (15/12/2020) kemarin.

Langkah tersebut dianggap tidak tepat oleh Dewan Pakar Pusat Informasi Study Pembangunan (PISP), Hasanuddin. Karena ia menyebutkan bahwa penanganan penyebaran Covid-19 di “cluster Changsin” dengan model penandatanganan pakta integritas bukanlah bagian dari protokol penanganan pandemi.

“Melainkan itu merupakan pendekatan politis, dan ini bisa berdampak pada (hilangnya) kepercayaan publik terhadap pelaksanaan protokol kesehatan di tempat umum, ruang publik, atau pusat keramaian,” kata dia dalam siaran persnya yang diterima Rabu (16/12/2020).

Baca Juga:   Jika Covid-19 di Garut Selatan Kian Memburuk, Pemkab Siapkan RS Darurat

Hasanuddin menuturkan, dengan hanya penandatanganan pakta integritas, tidak bisa ditemukan apakah karyawan PT Changsin yang belum terpapar Covid-19 benar-benar negatif.

“(Seharusnya) bukan dengan seremonial penandatangan pakta integritas, melainkan tim gugus tugas memberikan peringatan pada pihak manajemen untuk menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Segera lakukan rapid test pada semua karyawan sebagai prasyarat bekerja, karena beberapa karyawan sudah diketahui terkonfirmasi positif Covid-19,” tandasnya.

Baca Juga:   Petahana Ikut Nyalon, Pilkades Panggalih Diprediksi Bakal Seru

Menurut Hasanuddin, jika Ketua Gugus Tugas hendak membuat kesepakatan dengan pihak perusahaan untuk memutus rantai penyebaran Covid-19, setidaknya langkah tracing melalui rapid test dan pembukaan posko kesehatan tim gugus tugas di lokasi perusahaan mesti dilaksanakan.

Konten berbayar berikut adalah iklan platform Mixadvert dan MGID. Gosipgarut.id tidak terkait dengan materi konten ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *