oleh

Jelang Idul Adha, Harga Domba di Garut Merangkak Naik Karena Banyak Permintaan

GOSIPGARUT.ID — Menjelang hari raya Idul Adha 1441 Hijriah harga domba di tingkat petani Kabupaten Garut mulai mengalami kenaikan. Penyebabnya, permintaan domba yang meningkat di pasaran.

Seorang petani domba, Aripin (58) mengatakan biasa menjual domba lokal dengan harga Rp3,5 juta. Ia mengatakan sudah mempersiapkan 7 domba untuk menghadapi Idul Adha di tahun 2020.

“Saya punya tujuh domba untuk dijual tahun sekarang harganya berkisar antara Rp3 juta sampai Rp3,5 juta,” kata dia di kediaman di Kampung Bayubud, Desa Wanaraja, Kecamatan Wanaraja, Kabupaten Garut, Sabtu (4/7/2020).

Baca Juga:   Penderita Thalasemia Bisa Minta Pendonor Darah ke Polres Garut

Menurut Aripin, harga domba yang ditawarkan berbeda-beda tergantung bobotnya. Pasalnya harga domba ditaksir berdasarkan bobot dagingnya.

“Jadi harga domba itu bisa berbeda-beda. Kalau bobotnya berat dan nampak gemuk harganya bisa mahal,” ucapnya.

Aripin mengaku, sebelum Idul Adha sudah banyak menjual domba untuk kebutuhan aqiqah. Ia biasa memasarkan dombanya di pasar domba wanaraja Garut dengan harga pasaran.

Baca Juga:   Jika Jalur Ini Sudah Aktif, Tarif KA Garut -- Jakarta Hanya Rp 26 Ribu

“Harga domba sekarang sudah mengalami kenaikan. Kisaran kenaikannya antara Rp1 juta hingga Rp1,5 juta,” katanya.

Pasar domba wanaraja Garut berlokasi di Jalan Talagabodas. Pasar ini biasa beroperasi dua kali dalam seminggu.

Banyak orang berdatangan dari berbagai wilayah untuk membeli dan menjual domba. Harga domba yang ditawarkan bervariasi dan relatif murah. (Rmol)

Baca Juga:   KA Stasiun Cibatu -- Wanaraja Beroperasi September 2019

Komentar